IBL

Putaran pertama berakhir dengan empat orang Prancis yang direkrut, yaitu Zaccharie Risacher, Alex Sarr, Tidjane Salaun, dan Pacome Dadiet. Pada putaran kedua draft hari Kamis (27/6) waktu Amerika Serikat, Melvin Ajinca menjadikannya sebagai pemain muda Prancis kelima yang masuk NBA. Ajinca diumumkan sebagai pilihan ke-51 secara keseluruhan oleh New York Knicks. 

"Saya tahu banyak warga Prancis yang begadang semalaman untuk menonton ini," kata Risacher. "Itu luar biasa bagi basket Prancis, dan saya sangat senang menjadi bagian dari sesuatu yang istimewa bagi negara saya. Saya pikir akan ada lebih banyak pemain yang bisa masuk ke NBA dan melakukan sesuatu yang hebat. Saya benar-benar bangga menjadi bagian dari itu."

Melvin Ajinca, pemain kelima asal Prancis yang terpilih dalam NBA Draft 2024. Foto: Yahoo!Sports

Ini adalah tahun kedua berturut-turut Washington Wizards mencari pemain asal Prancis. Wizards bertukar tempat setahun yang lalu, bertukar pilihan lotere dengan Indiana untuk mendaratkan Bilal Coulibaly. Manajer umum Wizards Will Dawkins mengatakan dia merasa mendapat firasat yang baik tentang pemain-pemain asal Prancis. 

"Ini semakin membaik," kata Dawkins. "Dan sejujurnya, ini akan terus membaik, karena ada beberapa orang lagi yang akan datang."

Waktunya sangat tepat bagi Prancis, yang menjadi tuan rumah Olimpiade 2024. Negara tempat Tony Parker memenangkan empat gelar NBA bersama San Antonio Spurs adalah favorit peraih medali emas karena ada Rudy Gobert dan Victor Wembanyama.

"Ini luar biasa," kata Gobert Kamis saat konferensi pers tim nasional Prancis. "Pikirkan tentang itu. Tiga pemain Prancis masuk enam besar draft. Sepuluh tahun yang lalu, tidak ada seorang pun yang mempercayai hal itu. 

"Saya sangat senang untuk mereka masing-masing. Saya sangat bahagia untuk masa depan bola basket Prancis dan masa depan olahraga ini. Ini menunjukkan bahwa seorang anak dari mana pun di dunia bisa bermimpi menjadi pilihan nomor satu atau menjadi apa pun yang diinginkannya. Itu hal yang indah," imbuh Gobert.
 
Prancis menjadi tempat lahirnya talenta terbaik untuk liga bola basket utama dunia ketika warga negara Prancis dipilih dengan dua pemain pilihan teratas di NBA Draft pada hari Rabu dan empat pemain dipilih dalam 25 pilihan teratas. Ini menandai tahun kedua berturut-turut seorang pemain Prancis direkrut sebagai pilihan keseluruhan pertama dalam acara tahunan tersebut setelah Victor Wembanyama dipilih oleh San Antonio Spurs musim lalu.

Penampilan kuat Prancis tahun ini diraih berkat musim yang mengesankan dari Wembanyama. Pemain setinggi 2,24 meter ini dianggap sebagai talenta bagus sebelum ia direkrut oleh Spurs, dan ia kemudian menjadi Rookie of the Year NBA 2023-2024. Wemby juga menempati posisi kedua dalam pemungutan suara Pemain Bertahan Tahun Ini, hanya diungguli oleh rekan setim nasional Prancis Rudy Gobert dari Minnesota Timberwolves.

Prancis memiliki beberapa wajah menonjol dalam sejarah liga , terutama juara NBA empat kali Tony Parker dan dua kali NBA All-Star Joakim Noah. Pasangan ini telah pensiun. Tidak termasuk pemain yang baru direkrut, total ada 10 pemain Prancis yang aktif di NBA. (*)

Foto: The Score

Komentar