IBL

Bob Cousy adalah sosok legenda Boston Celtics yang kini berusia 95 tahun. Dia sangat senang saat Celtics memenangkan gelar ke-18. Cousy berkata bahwa sebelum tutup usia, salah satu keinginannya adalah melihat spanduk ke-18 berkibar di TD Garden. Namun jika diundang dalam upacara tersebut, Cousy mengajukan syarat yang harus dipenuhi Celtics. 

Bob Cousy muncul dalam wawancara dengan Dan Saughnessy dari The Boston Globe. Dia adalah Hall of Famer NBA sekaligus salah satu mantan pemain Celtics dari era 50-an. Namun kecintaannya pada Celtics tidak pernah luntur, sehingga dia ingin menyaksikan spanduk ke-18 dinaikkan ke langit-langit TD Garden. 

"Saya berusia 95 tahun. Satu kaki saya sudah di dalam kubur, dan saya hampir tidak bisa bergerak. Jika ada sesuatu dalam hidup saya yang bermakna, dan satu hal terakhir yang ingin saya lihat sebelum umur saya berakhir adalah Celtics memasang spanduk ke-18," ujarnya. 

Keinginan Cousy akan segera terwujud. Karena di awal musim 2024-2025 nanti, Celtics akan menaikkan spanduk kejuaraan pada laga pembuka. Tim Celtics tentunya akan mengundang semua legenda klub untuk hadir dalam acara tersebut. Namun ditanya tentang kesediaan untuk hadir, Cousy ternyata menyampaikan satu syarat. Dan, itu harus dipenuhi oleh Celtics, jika mereka ingin Cousy hadir dalam acara penting tersebut. 

"Saya ingin hadir, tapi saya punya satu syarat," ujar Cousy. "Saya ingin Satch Sanders ada di sisi saya saat menyaksikan pengibaran spanduk ke-18. Karena dia sahabat saya, yang sekaligus satu-satunya pemain yang tersisa dari Celtics di era 50-an dan 60-an. Dia kurang mendapatkan perhatian."

"Satu orang lagi yang saya ingin hadirkan adalah Gubernur Maura Healey. Saya berteman baik denganya. Dia selalu merujuk pada Celtics dalam membuat kebijakan, tentang perkembangan olahraga. Gelar juara ini juga harus dipersembahkan untuk dedikasinya terhadap tim ini."

Satch Sanders, Legenda Celtics yang terlupakan. Foto: ESPN

Bob Cousy tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya ketika menyadari bahwa kini Celtics sudah unggul satu gelar dari Los Angeles Lakers. Karena di era Bob Cousy masih aktif bermain, persaingan Celtics dan Lakers memang sengit. Cousy menjadi juara NBA di tahun 1957, 1959, 1969, 1961, 1962, dan 1963. Dalam enam edisi Final NBA tersebut, Cousy berhadapan dengan Lakers tiga kali. (*) 

Foto: Sports Illustrated

Komentar