IBL

Kristaps Porzingis menjalani operasi untuk mengatasi cedera pergelangan kaki. Cedera Porzingis disebut cukup langka. Boston Celtics belum bisa memprediksi jadwal Porzingis kembali. Mungkin saja ia melewatkan awal musim 2024-2025.

Presiden Operasi Bola Basket dan Manajer Umum Celtics Brad Stevens mengungkapkan hal tersebut dalam The Ryen Russillo Podcast pada Rabu (27/6) waktu setempat. NBA Executive of the Year 2024 itu membahas status Porzingis pada musim berikutnya.

“Kami akan menjadi berbeda karena pemain kami seperti Kristaps menjalani operasi. Kami tidak tahu kapan persisnya dia akan kembali. Dia mungkin melewatkan setidaknya awal musim mendatang,” ujar Stevens.

Porzingis memang belum melakukan operasi. Ia masih dalam proses konsultasi dengan dokter. Tetapi jadwal operasinya akan dilakukan sesegera mungkin. Stevens juga menolak memberikan spekulasi terkait masa pemulihan Porzingis.

Musim baru NBA biasanya dilakukan pada minggu terakhir bulan Oktober. Pada bulan September tim-tim melakukan kamp pelatihan. NBA 2024-2025 akan menjadi musim kedua Porzingis bersama Celtics.

Jika operasi dilakukan pada bulan Juli, Porzingis memiliki waktu kurang dari empat bulan. Dengan riwayat dan tingkat cedera yang parah itu, kemungkinan waktu pemulihan bisa lebih lama.

Porzingis mengalami cedera pada kaki kirinya saat Gim 1 di Final NBA 2024 melawan Dallas Mavericks. Lebih tepatnya karena robekan retinaculum medial yang menyebabkan dislokasi tendon tibialis posterior di kaki kirinya. Porzingis tidak tampil di dua gim terakhir Celtics di Final NBA 2024.

Sebelum cedera di Final NBA 2024 itu, Porzingis telah absen selama lima pekan dan melewatkan 10 gim di babak playoff. Porzingis tampil dalam 57 gim dengan rata-rata 20,1 poin, 7,2 rebound, dan 2,0 asis per gim di musim reguler.

Setelah Celtics memastikan diri menjadi juara NBA 2024, Porzingis memutuskan untuk operasi. Itu membuatnya absen membela Latvia di Olympic Qualifying Tournament (OQT) 2024. Latvia berupaya mendapat kesempatan terakhir ke Olimpiade Paris 2024 dengan memenangkan OQT tersebut. Porzingis sendiri juga absen membela Latvia di Piala Dunia FIBA 2023 saat penyisihan grup di Jakarta. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar