IBL

Los Angeles Lakers memilih Dalton Knecht dari Tennessee dengan pilihan ke-17 dalam draft NBA, hari Rabu (26/6) waktu Amerika Serikat. Dia adalah konsensus All-American pertama yang diambil oleh Lakers sejak memilih Lonzo Ball sebagai pilihan kedua pada tahun 2017. Banyak yang mengira bintang Tennessee itu akan menjadi pilihan 10 besar setelah tampil di SEC musim lalu. Krysten Peek dari Yahoo!Sports bahkan menempatkannya di peringkat enam secara keseluruhan dalam draf tiruan.

Ketika undian lotere datang dan pergi, Knecht terus menunggu untuk mendengar namanya dipanggil. Bahkan meja ESPN di lokasi merasa bingung dengan slide tersebut, yang mengira Knecht tidak akan terpilih disebabkan oleh masalah usia. Lakers akhirnya memilih dirinya, yang menjadi salah satu kejutan terbesar di babak pertama draft NBA. Pada usia 23 tahun, Knecht lebih tua dari semua pemain NBA Draft Class of 2024.

Knecht rata-rata mencetak 21,7 poin pada 49,9 persen tembakan dalam satu-satunya musim bersama Tenessee, setelah memulai karier perguruan tinggi di Northeastern Junior College di Colorado kemudian bermain dua musim untuk Colorado Utara. Knecht membawa Tennessee ke Elite Eight di turnamen NCAA pada bulan Maret, mencetak 37 poin dalam kekalahan eliminasi dari Purdue.

"Dalam pikiran saya, tidak mungkin pemain seperti ini tersedia untuk kami pilih pada malam draft," kata wakil presiden operasi bola basket Lakers dan manajer umum Rob Pelinka. "Secara keseluruhan, sangat bahagia. Jika kami mendapat pick ke-10 dalam draft tersebut, kami akan mengambilnya."

Pemilihan Knecht menandai keputusan besar pertama bagi Lakers sejak JJ Redick dipekerjakan sebagai pelatih barunya. Pelinka mengatakan, kemampuan Knecht sebagai penembak mengingatkannya pada Redick sebagai pemain. 

"Itu sungguh menarik," kata Knecht kepada wartawan ketika diberitahu tentang reaksi Redick. "Di Tennessee, saya banyak menonton JJ Redick bersama pelatih (Rick) Barnes dan cara dia bergerak dan mengatur kecepatan dirinya serta mampu menciptakan ruang. Jadi, mendengarnya, sungguh menarik, dan akan menjadi sangat istimewa."

Bintang Lakers LeBron James memberikan reaksinya pada performa Knecht sebelumnya. "Kami menyaksikan pertandingan Purdue-Tennessee karena Zach Edey dan Knecht," kata James saat itu. "Pemain, bergantung pada siapa mereka, akan menarik perhatian dalam hal penayangan."

Knecht mengatakan dia hampir tidak percaya apa yang dikatakan James itu nyata ketika dia pertama kali melihat video itu.

"Saya ingat klip itu," kata Knecht kepada wartawan. "Saya bangun dan bangun dari tempat tidur dan saya pikir itu palsu karena banyak orang mengirimi saya pesan. Saya hanya berpikir, 'Tidak mungkin.' Dan ketika saya menonton video itu, saya langsung tersenyum. Dan juga orang tua saya, mereka langsung menelepon saya dan memberi tahu saya tentang hal itu."

"Jadi, itu akan menjadi sesuatu yang istimewa. Akan menyenangkan untuk berbagi lapangan dengan mereka berdua, (Anthony Davis) dan Bron. Bron adalah salah satu yang terhebat. Jadi, ini akan menjadi sangat istimewa."

Putaran kedua NBA Draft 2024 akan diadakan pada hari Kamis. Lakers memiliki pilihan No. 55. (*)

Foto: Lakers Nation

Komentar