IBL

Sejarah terulang. Pemain asal Prancis menjadi pilihan teratas NBA Draft dalam dua edisi beruntun. Zaccharie Risacher meneruskan jejak Victor Wembanyama sebagai pilihan pertama NBA Draft.

Prancis juga mendominasi NBA Draft 2024. Dari 10 pilihan teratas, ada tiga pemain Prancis yang masuk daftar. Setelah Risacher, ada Alex Sarr sebagai pilihan kedua dan Tidjane Salaun sebagai pilihan keenam.

Baca juga: Zaccharie Risacher Pemain Prancis Kedua Yang Jadi Top Pick NBA Draft

Risacher terpilih oleh Atlanta Hawks pada NBA Draft 2024 pada Rabu (26/6) waktu setempat di Barclays Center, New York, Amerika Serikat. Bedanya, Risacher tidak membuat kehebohan seperti yang terjadi kepada Wemby (sapaan Victor Wembanyama) pada tahun lalu.

Ini menjadi kedua kalinya secara beruntun pilihan teratas NBA Draft tidak berasal dari perguruan tinggi Amerika Serikat. Risacher merupakan pemain dari ASVEL, tim dari LNB (Liga Profesional Prancis).

Sama seperti Wemby, yang datang dari Metropolitans 92. Wemby menjadi pemain ASVEL pada 2021-2022. Artinya Wemby dan Risacher pernah menjadi rekan setim di ASVEL. Tim tersebut saat ini memiliki Tony Parker sebagai Presiden Klub, yang meraih empat gelar NBA bersama San Antonio Spurs.

Pilihan kedua NBA Draft 2024 jatuh kepada Alex Sarr. Bedanya Sarr merupakan pemain Perth Wildcats dari NBL Australia. Sarr terpilih oleh Washington Wizards. Disusul Tidjane Salaun yang direkrut Charlotte Hornets. Salaun datang dari Cholet Basket dari LNB.

Baca juga: Wizards Tambah Ukuran Dengan Memilih Alex Sarr

Wemby pun ikut senang dengan terpilihnya Risacher dan Sarr sebagai pilihan paling atas NBA Draft 2024. “Inilah Prancis, Saudara,” disambung dengan simbol bendera Prancis yang berwarna biru, putih, dan merah vertikal.

Pada NBA Draft 2023, Wemby menjadi yang teratas. Ia tidak sendirian. Ada Bilal Coulibaly, rekan setimnya di Metropolitans 92. Coulibaly menjadi urutan ketujuh oleh Indiana Pacers yang kemudian ditukar ke Wizards.

Wemby menjadi pemain fenomenal bahkan sebelum masuk ke NBA. Ia berhasil meneruskan kesuksesannya dengan menjadi Rookie of the Year 2024 secara mutlak dan masuk All-Defensive First Team 2024. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar