IBL

Alex Sarr yang sudah lama diharapkan banyak orang akan menjadi pilihan teratas secara keseluruhan, dipilih oleh Washington Wizards sebagai No. 2 di NBA Draft pada Rabu malam (26/6) waktu Amerika Serikat. Itu menjadikan Sarr orang Prancis kedua yang terpilih dalam draft tersebut setelah Atlanta Hawks mengambil Zaccharie Risacher. Wizards menggunakan pilihan tertinggi mereka dalam 14 tahun untuk menambah ukuran yang sangat dibutuhkan tim yang hanya memenangkan 15 pertandingan musim lalu.

Langkah tersebut merupakan langkah signifikan kedua yang dilakukan Wizards. Waralaba mencapai kesepakatan untuk mengirim Deni Avdija ke Portland Trail Blazers dengan imbalan Malcolm Brogdon, pilihan keseluruhan No. 14 dalam draft tahun ini dan pilihan tahun 2029. Wizards kemudian menggunakan pilihan keseluruhan No. 14 untuk memilih guard Pittsburgh Bub Carrington.

Sarr bermain musim lalu untuk Perth Wildcats di Australia. Dia juga menghabiskan dua tahun di Amerika Serikat dengan Overtime Elite, sebuah liga pengembangan. Sarr dengan mudah menjadi salah satu pemain terbaik di kelas draft tahun ini. Pemain berusia 19 tahun ini adalah pelindung ring yang hebat dan ancaman serangan yang tajam. Dengan tingginya, Sarr dapat berkembang menjadi pemain dua arah yang dominan di liga.

Wizards berjarak satu tahun dari perombakan kantor depan dan offseason di mana mereka memperdagangkan Bradley Beal dan Kristaps Porzingis. Perjuangan mereka musim lalu, dengan kekalahan terburuk dalam sejarah klub, cukup dapat diprediksi mereka ingin mempercepat pembangunan tim yang baru.

Wizards belum pernah melewati babak kedua playoff sejak 1979, dan ini adalah ketiga kalinya sejak itu klub tersebut masuk dalam dua besar draft. Wizards menggunakan pilihan keseluruhan No. 1 yang naas pada Kwame Brown pada tahun 2001. Pada tahun 2010, mereka menggunakan pilihan teratas pada John Wall, mengantarkan era kesuksesan yang akhirnya berakhir.

"Saya memiliki tim hebat di sekitar saya… Saya percaya mereka," kata Sarr melalui Ben Golliver dari The Washington Post. "Saya tidak akan menjelaskan secara spesifik di mana saya berolahraga dan di mana saya tidak berolahraga."

Terlepas dari itu, Sarr jauh lebih cocok di Wizards dibandingkan di Atlanta. Wizards tidak memiliki center sejati setelah mereka melepas Daniel Gafford musim lalu. Sarr akan dapat langsung terjun dan mulai berkembang, dan merupakan sesuatu yang akan menguntungkannya dalam jangka panjang. (*)

Foto: AP News

Komentar