IBL

Kepala pelatih timnas basket Serbia, Svetislav Pesic membuat pernyataan kontroversial seputar timnas Amerika Serikat. Dia menyebut bahwa tim Olimpiade 2024 lebih baik dibanding dengan The Dream Team 1992, atau tim Amerika Serikat di Olimpiade Barcelona. Pelatih Pesic langsung diserbu pecinta basket Amerika Serikat, terutama pemuja Michael Jordan. 

Sebenarnya, Pesic tidak mengeluarkan pernyataan tanpa fakta. Dalam wawancara dengan Mozzart Sport tersebut, Pesic menyebutkan kalau dirinya tahu betul bagaimana The Dream Team 1992. Karena pada saat itu, dia sudah menjadi pelatih timnas Jerman dan menghadapi timnas Amerika Serikat di Olimpiade Athena. Waktu itu, Jerman hanya menang dua kali dari lima pertandingan. Termasuk kalah telak 68-111 dari The Dream Team. 

"Saya berada di sana bersama tim Jerman dan kemudian kami berpikir tidak ada pemain yang lebih baik dari mereka," kata pelatih berusia 72 tahun tersebut. "Tapi tim Amerika (sekarang) lebih baik dari Dream Team asli di tahun 1992."

Bila dilihat dari daftar pemain, Dream Team 1992 terdiri dari Michael Jordan, Magic Johnson, Larry Bird, Charles Barkley, Chris Mullin, Clyde Drexler, David Robinson, John Stockton, Karl Malone, Patrick Ewing, Scottie Pippen, dan Christian Laettner. Sementara tim Amerika Serikat untuk Olimpiade 2024 akan diisi oleh LeBron James, Stephen Curry, Kevin Durant, Kawhi Leonard, Anthony Davis, Bam Adebayo, Devin Booker, Anthony Edwards, Joel Embiid, Tyrese Haliburton, Jrue Holiday, dan Jayson Tatum. 

Lebih jauh, Svetislav Pesic tidak hanya membahas tentang teknologi. Pada tahun 1992, tim yang bertanding di Olimpiade Barcelona, tidak semuanya tahu tentang roster timnas Amerika Serikat. Sehingga faktanya, tidak semua siap menghadapi mereka. Berbeda dengan sekarang, di mana semua tim sudah lebih siap menghadapi gempuran timnas Amerika Serikat. Sehingga kalau timnas Amerika Serikat berjaya di Paris, membuktikan bahwa mereka benar-benar The Dream Team yang sesungguhnya. 

"Tim yang akan tampil di Paris ini akan lebih kuat dari Dream Team, dengan fakta bahwa tidak semua orang akan mempersiapkan diri untuk Dream Team pada tahun 1992. Pada tahun tersebut, semua orang ingin berfoto dengan The Dream Team. Hanya itu saja, bukan untuk menghadapi mereka secara langsung. Nantinya akan berbeda di Paris. Semua orang siap menghadapi timnas Amerika Serikat," jelasnya. 

Jika berbicara tentang Olimpiade Paris, maka akan jadi perdebatan menarik. Karena sebagian besar tim nasional yang berlaga di Paris, punya bintang NBA. Sehingga kekuatan tiap-tiap negara bisa berimbang. Kesimpulannya, jika timnas Amerika Serikat bisa dominan, maka kata-kata Svetislav Pesic memang benar. (*)

Foto: Mondo

Komentar