IBL

Teka-teki ketersediaan Kristaps Porzingis untuk Latvia di Olyimpic Qualifying Tournament (OQT) akhirnya terjawab. Lewat pengumuman dari Boston Celtics, klub Porzingis bernaung, ia dipastikan absen untuk Latvia di OQT dan mungkin di Olimpiade 2024 Paris jika Latvia lolos. 

Kepastian ini terjadi karena Porzingis naik meja operasi di kaki kirinya. "Kami mengantisipasi bahwa operasi akan dilakukan segera," buka Presiden Celtics, Brad Stevens, dalam keterangan resmi tim, Selasa (25/6), waktu setempat. "Kami akan memberikan informasi selanjutnya mengenai waktu operasi dan rencana proses penyembuhan setelah operasi tersebut."

"Porzingis sejatinya berharap untuk menunda operasi setelah Final NBA dan rangkaian Latvia di Olimpiade. Namun, cedera ini membuat dia tidak bisa berada di performa terbaiknya. Ia tidak bisa bermain secara konsisten untuk level Olimpiade," tutupnya. 

Porzingis di musim 2023-2024 bermain 57 kali di musim reguler. Ia kemudia bermain di empat laga Playof sebelum cedera betis. Ia absen 10 laga sampai akhirnya kembali tersedia di Final NBA 2024 melawan Dallas Mavericks. Sayangnya, setelah dua laga perdana final, Porzingis kembali cedera. Ia memaksakan diri untuk Gim 5 demia merasakan dan merayakan gelar juara ke-18 Celtics dalam sejarah. 

Cedera terakhir Porzingis sendiri awalnya terjadi di area lutut. Lebih tepatnya robek di area medial retinaculum. Namun, ternyata cedera ini memberi dampak ke dislokasi yang terjadi di area posterior tibialis tendon, jaringan tisu yang menghubungkan otot di area betis belakang dengan tulang di punggung kaki. Oleh karena itu, Porzingis memainkan Gim 5 dengan suntikan penahan rasa sakit. 

Tanpa Porzingis, Latvia sebenarnya sudah terbiasa. Pada Piala Dunia FIBA 2023, tim asuhan Luca Banchi juga tak diperkuat pemain 28 tahun tersebut. Kolektivitas mereka membawa tim finis di peringkat lima peringkat akhir setelah kalah di perempat final atas juara dunia, Jerman.

Latvia sendiri akan menjadi tuan rumah OQT di Riga. Grup A akan melibatkan Latvia, Georgia, dan Filipina. Sedangkan Grup B akan berisi Brasil, Kamerun, dan Montenegro. Nantinya, dua peringkat teratas lanjut ke semifinal dan pemenang OQT ini akan bergabung di Grup B Olimpiade 2024 Paris bersama Prancis, Jerman, dan Jepang. (DRMK)

Foto: Getty Images

Komentar