IBL

Anthony Davis terpilih dalam roster timnas Amerika Serikat di Olimpiade Paris 2024. Ini menjadi partisipasi keduanya di Olimpiade. Davis sangat antusias bisa bermain di Olimpiade setelah 12 tahun.

“Saya belum pernah mengikuti Olimpiade lagi sejak tahun 2012. Saya ikut Kejuaraan Dunia 2014. Saya bersemangat untuk menjadi bagian dari timnas AS lagi. Saya ikut di Olimpiade 2012. Tapi bukan sebagai tim utama.  Saya akan bermain lagi dan memiliki peran yang lebih besar dari tim. Jadi, saya sangat menantikannya,” kata Davis dilansir melalui laman Lakers Nation.

Davis menjadi bagian dari timnas AS saat memenangkan Olimpiade London 2012. Tapi pada saat itu, Davis merupakan pemain cadangan. Dia baru terpilih sebagai urutan teratas NBA Draft 2012 oleh New Orleans Hornets (Pelicans). Saat itu, Davis menjadi pemain pertama AS yang belum memiliki pengalaman bermain NBA setelah Emeka Okafor pada Olimpiade Athena 2004.

Setelah 12 tahun berlalu, Davis lebih dari sekedar matang. Ia sudah menjadi bintang Los Angeles Lakers. Davis mengantar Lakers menjadi juara NBA 2020. Ia juga berpartner lagi dengan LeBron James. Sama seperti yang terjadi di London pada tahun 2012.

“Siapa yang tahu pada tahun 2028 ternyata saya terpilih lagi? Tidak apa. Sekarang mari kita mulai. Saya sangat menantikan menjadi bagian dari tim yang sebenarnya. Sebelumnya saya duduk di bangku cadangan yang lupa jerseynya saat mendaftar,” kata All-Star sembilan kali itu.

Davis masuk 12 pemain yang akan dibawa AS ke Paris. Ia menjadi center bersama dengan Joel Embiid dan Bam Adebayo. Dalam jajaran pemain AS juga ada LeBron James, Stephen Curry, Kevin Durant, hingga Jayson Tatum.

AS menjadi juara bertahan sejak tahun 2008. Pada Olimpiade Paris 2024, AS akan ditangani oleh Steve Kerr. Mereka masuk Grup C bersama dengan Serbia dan Sudan Selatan. Satu tim lagi merupakan pemenang Olympic Qualifying Tournament di Puerto Rico. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar