IBL

NBA musim 2023-2024 telah selesai. Begitu juga tugas Luka Doncic dengan Dallas Mavericks. Kini Doncic dinanti untuk memperkuat Slovenia di Olympic Qualifying Tournaments. Tapi mereka menunggu hasil pemeriksaan medis.

Tim medis timnas Slovenia akan mengevaluasi lutut Doncic. Hasil pemeriksaan itu menentukan apakah Doncic bisa ikut Olympic Qualifying Tournaments yang berlangsung pada 2-7 Juli 2024 di Piraeus, Yunani.

Dalam turnamen kualifikasi di Yunani itu, Slovenia masuk Grup A bersama Selandia Baru dan Kroasia. Dua peringkat teratas ke semifinal. Dari Grup B ada Mesir, Yunani, dan Republik Dominika. Pemenang turnamen akan lolos ke Olimpiade Paris 2024 dan masuk Grup A dengan Australia dan Kanada.

Olympic Qualifying Tournaments sendiri berlangsung di empat lokasi. Pemenang dari tiap lokasi akan lolos ke Paris. Lokasi lainnya adalah di Spanyol, Latvia, dan Puerto Rico. Pemenang dari kualifikasi di Spanyol juga akan masuk Grup A.

Sementara itu, kondisi Doncic memang tidak fit selama Final NBA 2024. Ia mengalami masalah pada lutut dan sempat memar di dada. Meski begitu, Doncic memimpin statistik playoff 2024 dengan 28,9 poin, 9,5 rebound, dan 8,1 asis.

Pada Jumat (21/6) waktu setempat, Manajer Umum Mavericks Nico Harrison mengungkap harapan supaya Doncic bisa memperkuat Slovenia. Harrison melihat Doncic masih sanggup untuk bermain.

“Bergabung dengan timnas Slovenia mungkin salah satu kebahagiaan terbesarnya. Selama Luka bisa berjalan, dia mungkin akan bermain untuk timnas Slovenia. Itulah yang saya harapkan,” ujar Harrison.

Setelah kalah 4-1 dari Boston Celtics di Final NBA 2024, Doncic menolak untuk membahas soal timnas. Dia mengungkapkan masih harus berpikir secara jernih dan mengambil langkah yang tepat.

“Saya tidak ingin membicarakan tentang selanjutnya. Saya harus mengambil beberapa keputusan dan mencoba untuk pulih. Saya akan memberitahu itu beberapa hari ke depan,” kata Doncic. (rag)

Foto: Getty Imegas

Komentar