IBL

Jrue Holiday meraih dua gelar NBA dalam empat musim terakhir dengan tim yang berbeda. Dalam perayaan gelar ke-18 Celtics pada Jumat (21/6) waktu setempat, Jrue mengaku senang bisa berada di tempat yang tepat pada musim ini.

“Para penggemar bisa menjadi gila. Ini bisa sedikit mengintimidasi. Mereka mulai melawan dan sebagainya. Tapi saya senang berada di pihak mereka saat ini,” kata Jrue dalam wawancara dengan Brian Scalabrine sebelum pawai juara.

Jrue memberikan refleksi perpindahannya dari Milwaukee Bucks ke Celtics pada awal musim ini. Ya, Bucks yang merupakan rival Celtics, melepas Jrue ke Portland Trail Blazers untuk mendapatkan Damian Lillard.

Celtics melihat peluang emas tersebut. Empat hari setelah pertukaran Lillard ke Bucks, Celtics bergerak dengan mengirim Robert Williams, Malcolm Brogdon, dan dua pilihan draft untuk Jrue.

Saat masih menjadi pemain Bucks, Jrue menilai TD Garden (markas Celtics) merupakan tempat yang mengintimidasi. Datang sebagai pemain lawan di Boston kadang membuat Jrue panas.

Tetapi sekarang Jrue merasakan sebaliknya. Sebagai pemain Celtics, Jrue mendapat dukungan penuh dari penggemar. Apalah Jrue memberi peran yang signifikan atas keberhasilan Celtics pada musim 2023-2024.

Jrue mengaku memang tidak mudah dalam proses transisi menjadi pemain Celtics. Ia sempat merasa gugup. Terutama saat mengingat beberapa interaksinya dengan tim sebelumnya.

“Ada beberapa hal yang menurut saya telah saya lakukan terhadap Celtics pada saat itu yang mungkin tidak mereka sukai. Tetapi sekali lagi, begitu saya tahu saya mendapat dukungan mereka, saya sangat gembira dan menyadari bahwa mereka adalah sesuatu yang istimewa bagi kami,” tutur All-Star dua kali itu.

Kontribusi Jrue sangat signifikan untuk Celtics. Terutama dalam sisi pertahanan. Jrue memperoleh rata-rata 12,5 poin, 5,4 rebound, dan 4,8 asis per gim dengan efisiensi tembakan 48 persen dan 42,9 persen tripoin.

Kehebatan Jrue dalam bertahan membuatnya masuk dalam All-Defensive Second Team 2024. Hal yang sama pada 2019 lalu. Jrue tiga kali menjadi tim pertama pada tahun 2018, 2021, dan 2023.

Celtics telah mengamankan Jrue dengan memberinya perpanjangan kontrak empat tahun dengan nilai AS$135 juta sebelum babak playoff. Celtics bergerak mengamankan tim intinya untuk musim depan. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar