IBL

Setelah tersingkir dalam lima pertandingan dari juara baru Boston Celtics di Final NBA, Dallas Mavericks akan berusaha untuk kembali ke fase tersebut musim depan. Tetapi mereka harus membangun kembali timnya, dimulai dengan pencoretan pemain. Salah satu nama yang diprediksi bakal dicoret adalah Tim Hardaway Jr.. 

Tim Hardaway Jr. menjalani musim 2023-2024 yang penuh gejolak bersama Mavericks. Pemain veteran ini telah menghabiskan lebih dari lima musim terakhir di Dallas, dan telah menjadi pemain tetap dalam rotasi Mavs. Dia berperan sebagai pencetak poin dari bangku cadangan. Hardaway, yang rata-rata mencetak 14,4 poin dari 40,2 persen tembakan, menempati posisi ketiga dalam mencetak poin musim ini di belakang Luka Doncic dan Kyrie Irving selama musim reguler.

Namun, Hardaway masuk dalam daftar cedera untuk memulai babak playoff. Akibatnya, ia kehilangan tempatnya dalam rotasi Jason Kidd di tengah perjalanan Mavericks ke Final NBA 2024. Pemain berusia 32 tahun itu tampil dalam 14 dari 22 pertandingan playoff Mavericks, dengan rata-rata hanya 4,4 poin per gim. 

Menurut NBA Insider Marc Stein, Mavericks akan menempatkan garda veteran tersebut dalam daftar perdagangan musim panas ini. Pemain berusia 32 tahun itu sekarang memasuki musim terakhir dari kontraknya saat ini. Nilai kontraknya turun menjadi 16,2 juta dolar untuk musim 2024-2025. 

Stein menambahkan bahwa menukar Hardaway adalah upaya manajemen untuk mempertahankan Derrick Jones Jr., yang menjadi bagian penting bagi tim sepanjang musim reguler dan perjalanan mereka ke Final NBA 2024. Mempertahankan Derrick Jones Jr. adalah prioritas No. 1 Mavericks musim panas ini. 

Foto: Sports Illustrated

Jones layak dipertahankan berkat kemampuan pertahanannya dan peningkatan akurasi tembakan tripoin. Di babak playoff, Jones mencetak rata-rata 9,1 poin per gim dengan 36,9 persen tembakan tripoin. Namun, manajemen Mavericks tidak ingin membayar pajak barang mewah yang besar. Sehingga mereka perlu mengurangi beban gajinya. Dengan mencoret Hardaway untuk musim 2024-2025, mereka bisa memberikan gaji sebesar 12,9 juta dolar Amerika pada Jones. 

Akan menarik untuk melihat bagaimana GM Mavericks Nico Harrison, yang telah menjadi arsitek utama dalam merekonstruksi roster tim. Dia harus bisa mencari pemain yang bisa mengatasi kesulitan Mavericks, yang ditunjukkan selama Final NBA 2024. (*)

Foto: Maize n Brew

Komentar