Los Angeles Lakers akhirnya mendapatkan pelatih baru. Mereka merekrut JJ Redick, yang sebelumnya memang dirumorkan menjadi salah satu kandidat pelatih Lakers. Redick akan memulai debutnya dalam dunia kepelatihan pada musim ini.

Dengan begitu, Redick akan menjadi pelatih ke-29 Lakers. Menurut laporan ESPN, Lakers memberi Redick kontrak selama empat tahun sebagai kepala pelatih. Belum ada informasi nilai kontrak mereka.

“Redick telah bertemu dengan Wakil Presiden dan Manajer Umum serta pemilik Lakers Jeanie Buss pada pekan lalu. Mereka melakukan pembicaraan tentang lowongan pekerjaan tersebut sepanjang minggu,” tulis.

Redick selama ini dikenal sebagai analis NBA. Profesi itu telah ditekuni sejak ia pensiun pada 2021 lalu. Beberapa lalu, Redick memang belum berkomentar banyak soal rumornya menjadi pelatih Lakers. Ia masih fokus di Final NBA 2024.

Meski belum memiliki pengalaman sebagai pelatih, baik itu menjadi asisten, Lakers tetap percaya sepenuhnya dengan Redick. Mereka mempertimbangkan kecerdasan Redick dalam menganalisis permainan.

“Pelinka tertarik pada kemampuan Redick yang bisa terhubung dengan pemain dan IQ bola basketnya. Pelinka percaya dengan memberi Redick staf pelatih yang elit akan membantu mempercepat pembelajarannya sebagai pelatih untuk pertama kali,” tulis ESPN.

Redick akan menjadi salah satu pelatih termuda di NBA pada musim depan. Pada 24 Juni mendatang ia genap berusia 40 tahun. Hanya enam bulan lebih tua dari LeBron James, bintang Lakers.

Keduanya memang bersahabat baik. LeBron dan Redick merilis podcast bersama, Mind the Game, yang dirilis pada Maret lalu. Podcast tersebut mendapat banyak tanggapan yang positif karena isinya yang berbobot. Kedekatannya dengan LeBron inilah yang menjadis alah satu pertimbangan Lakers merekrut Redick.

Redick merupakan pemain dari Duke University. Ia terpilih sebagai urutan ke-11 NBA Draft 2006. Tapi kariernya sebagai pemain tidak terlalu mentereng. Redick berkarier di NBA selama 15 tahun dengan enam tim. Termasuk Los Angeles Clipper (2013-2017). (rag)

Foto: Getty Images

Komentar