IBL

Akun X tim Golden State Warriors mengucapkan selamat kepada Andrew Wiggins yang masuk roster pemusatan latihan tim Kanada. Tak berselang lama, Instagram @canadabasketball merilis 20 nama pemain yang dipanggil untuk timnas senior putra proyeksi Olimpiade 2024 Paris. Mereka akan menjalani pemusatan latihan di Toronto, 28 Juni hingga 7 Juli 2024. 

Menjelang Olimpiade Paris, semua negara yang akan bermain di kualifikasi maupun yang sudah lolos sedang mematangkan roster-nya. Amerika Sertikat mendapatkan sorotan karena roster mereka penuh dengan bintang NBA, termasuk Steph Curry dan LeBron James. Namun timnas Kanada sepertinya tidak mau kalah, mereka memanggil Andrew Wiggins ke dalam daftar pemain untuk kamp pelatihan jelang Olimpiade. 

Pada bulan September 2023, manajer timnas Kanada Rowan Barrett mengatakan bahwa Wiggins absen di Piala Dunia FIBA karena pilihannya sendiri. Menurut Barrett, Wiggins berhak menentukan sikap. "Dia bukan anak kecil lagi. Dia sudah dewasa, tapi saya sudah berbagi bahwa dalam program kami, tangan kami terbuka. Tapi kami meminta Andrew Wiggins untuk menjadi bagian dari tim kami untuk berangkat ke Paris," ujarnya. 

Tampaknya, kini penyerang Warriors tersebut sudah menentukan pilihan. Dia bergabung dengan Kanada sebagai bagian dari daftar tambahan kamp pelatihan yang akan dimulai pekan depan. Veteran NBA 10 tahun yang pernah menjadi All-Star dan juara liga tersebut, terakhir kali bermain untuk Kanada di turnamen kualifikasi Olimpiade pada tahun 2021. Wiggins telah dikritik di masa lalu karena tidak selalu berkomitmen untuk Kanada, tetapi menyatakan minatnya untuk bermain untuk timnas negaranya.

"Andrew Wiggins adalah seorang profesional," kata Barrett. "Setiap kali dia berada di dalam tim kami, dia memainkan bola basket yang luar biasa. Andrew Wiggins adalah pemain yang sangat, sangat bagus." 

Beberapa bintang NBA juga ada dalam daftar tersebut seperti Shai Gilgeous-Alexander, Jamal Murray, Luguentz Dort, Kelly Olynyk, RJ Barret, dan tentu saja Dillon Brooks. Dua belas dari 20 pemain yang datang ke kamp pelatihan adalah pemain NBA, dan jumlah tersebut akan bertambah karena center Zach Edey diperkirakan akan menjadi pilihan putaran pertama dalam draft NBA minggu depan.

"Kami berupaya untuk naik ke podium teratas, kami akan mengikuti kompetisi di Paris ini untuk menang.…Itulah yang ingin kami lakukan," kata Rowan Barrett.

Tim ini memasuki tahun 2023 yang bersejarah ketika mereka memenangkan medali pertamanya di Piala Dunia FIBA, mengalahkan Amerika Serikat untuk memperebutkan perunggu pada September lalu di Manila, Filipina. Kanada lolos ke Olimpiade dengan kemenangan perempat final atas Spanyol di turnamen tersebut. Penampilan timnas Kanada di Paris akan menjadi yang pertama sejak Olimpiade Sydney tahun 2000.

Kanada yang berada di Grup A bersama Australia dan pemenang turnamen kualifikasi Olimpiade di Spanyol dan Yunani. Kanada akan membuka pertandingan melawan pemenang turnamen Spanyol pada 27 Juli di Lille, Prancis. (*)

Foto: Darren Yamashita - USA TODAY Sports

Komentar