IBL

Beberapa waktu lalu Milwaukee Bucks merekrut Darvin Ham sebagai asisten pelatih utama. Ham akan bekerja di bawah Kepala Pelatih Bucks Doc Rivers. Bucks disebut menyiapkan rencana cadangan dengan merekrut kembali Ham.

Orang dalam NBA Gery Woelfel menyebutkan Ham menerima tawaran sebagai asisten pelatih karena ada peluang menarik Milwaukee. Sebab, ia bisa berpotensi naik jabatan jika Bucks memecat Rivers.

“Saya baru-baru ini berbicara dengan beberapa sumber NBA sejak Darvin Ham bergabung sebagai staf pelatih Bucks. Mereka bersikeras mengatakan bahwa ada peran besar Giannis Antetokounmpo dalam perekrutan Ham,” tulis Woelfel.

“Beberapa sumber yang sama juga berpendapat bahwa Ham mendapat tawaran dari beberapa tim lain. Tetapi dia mengambil tawaran dari Bucks karena berasumsi pada akhirnya dia akan menggantikan Doc sebagai (kepala pelatih) Bucks,” lanjutnya.

Ham kembali ke Milwaukee setelah dua musim menjadi Kepala Pelatih Los Angeles Lakers. Ini merupakan pertama kalinya Ham menjabat sebagai kepala pelatih tim NBA. Bersama Lakers, Ham memiliki rekor 90-74.

Lakers merekrut Ham pada Juni 2022 untuk menggantikan Frank Vogel, yang mengantar Lakers juara NBA 2020. Pada musim pertamanya, Ham mencapai Final Wilayah Barat 2023 sebelum disapu bersih oleh Denver Nuggets.

Capaiannya yang cukup dikenang adalah mengantar Lakers menjadi juara In-Season Tournament edisi perdana pada tahun 2023. Pada musim 2023-2024, Lakers kandas di ronde pertama playoff setelah kalah 4-1 dari Nuggets.

Ham memang bukan orang asing di Milwaukee. Pria berusia 50 tahun itu menjadi asisten pelatih Mike Budenholzer saat Bucks menjadi juara NBA 2021. Ham bekerja sebagai asisten pelatih Bucks pada 2018-2022. Saat menjadi pemain, Ham memperkuat Bucks pada 1999-2002.

Jika rumor soal Ham itu benar, memang tidak terlalu mengagetkan. Pada Februari lalu, Bucks memecat Adrian Griffin dan memilih Rivers. Bucks memang tidak jadi lebih baik di bawah asuhan Rivers. Bucks menjadi unggulan ketiga dengan rekor 49-33. Bucks tersingkir di ronde pertama oleh Indiana Pacers dalam enam gim.

Dengan keberhasilan Boston Celtics sebagai juara NBA 2024, Bucks bisa jadi semakin panas. Ini memberi tekanan besar kepada Rivers untuk bisa membangun tim dan menyaingi Celtics. Jika Rivers gagal musim depan, Ham sudah pasang badang untuk menggantikan. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar