Boston Celtics baru saja mengamankan gelar juara ke-18 untuk organisasi ini. Mereka berjarak 16 tahun dari gelar ke-17 yang kala itu diamankan oleh trio Paul Pierce, Kevin Garnett, dan Ray Allen. Sayangnya, kala itu tim ini hanya bertahan tiga musim setelah juara. Celtics lantas memutuskan menukar salah satu bagian penting mereka, Kendrick Perkins, yang lantas jadi awal keruntuhan Celtics kala itu. 

Situasi ini tampaknya dipahami betul oleh manajemen Celtics yang dipimpin oleh presiden mereka, Brad Stevens. Menyadari bahwa mereka punya tim yang kuat, Stevens langsung berupaya mengamankan jasa mereka untuk jangka panjang. Terdekat adalah salah satu bintang utama mereka, Jayson Tatum. 

Dilansir CBS News, Celtics sudah menyiapkan perpanjangan kontrak supermaksimal selama lima tahun senilai AS$315 juta. Perpanjangan kontrak ini akan jadi yang terbesar dalam sejarah NBA. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh Jaylen Brown dengan nilai AS$300 juta. 

Tidak ada negosiasi panjang dalam perbincangan ini. Laporan The Athletic menyebutkan keduanya sudah sangat sepaham mengenai situasi mereka. Celtics siap membayar Tatum dengan jumlah terbaik dan Tatum tak berniat pindah ke mana-mana. 

"Kesepakatan ini akan terjadi saat semua orang sudah dalam keadaan sadar sepnuhnya dari pesta dan parade juara Celtics," imbuh Shams Charania, sumber The Athletic. "Tim ini sekarang sedang ada di Miami untuk berpesta. Mereka akan kembali ke Boston untuk emlakukan parade dengan kapal bebek Jumat nanti. Saya memprediksi mereka akan memulai perbincangan perpanjangan kontrak ini setelah semuanya selesai," tutupnya. 

Tatum memasuki musim ketiga dari lima musim perpanjangan kontrak sebelumnya yang senilai AS$163 juta. Ia punya opsi pemain di tahun terakhirnya. Tatum sendiri sejatinya sudah berhak mendapatkan perpanjangan kontrak supermaksimal sejak musim lalu, setelah tiga musim beruntun ia masuk All-NBA Team. 

Menarik melihat bagaimana Celtics akan mempertahankan atau bahkan memperkuat skuad mereka dengan deretan pemain yang memiliki kontrak supermaksimal dan maksimal. Dari sini, Celtics harus lebih cekatan lagi menemukan barisan pendukung dengan bayaran yang bisa disesuaikan. (DRMK)

Foto: Getty Images

Komentar