IBL

Waktu libur telah tiba. Tidak hanya para pemain yang menggunakan jeda musim untuk pemulihan. Pelatih Boston Celtics Joe Mazzulla juga. Ia “mengikuti jejak” Kristaps Porzingis untuk naik ke meja operasi.

Mazzulla mengalami cedera lutut. Tepatnya di cedera torn meniscus di lututnya. Setelah Celtics memastikan gelar ke-18 pada Senin (17/6) waktu setempat di TD Garden, Boston, Mazzulla mengungkakan bahwa dia akan menepi sejenak.

“Saya harus menjalani operasi lutut pada meniskus saya yang roberk pada bulan Maret lalu setelah kami kalah dari Atlanta. Jadi, hal pertama yang saya lakukan adalah kembali berbaring. Saya akan absen sebentar. Saya sudah menahannya sejak Maret,” kata pelatih berusia 34 tahun.

Ternyata Mazzulla mengalami cedera lutut karena Atlanta Hawks. Pada 25 dan 26 Maret lalu, Celtics back to back kalah dari Hawks. Gim pertama dengan kekalahan 120-118 dan Gim 2 dengan 123-122 melalui babak perpanjangan waktu. Kekalahan itu membuat Mazzulla frustasi.

Mazzulla mengalami cedera tersebut bukan saat bertanding. Seperti halnya Pelatih Minnesota Timberwolves Chris Finch yang ditabrak oleh Mike Conley di pinggu lapangan. Mazzulla cedera saat di gym saat menjalani sesi latihan jiu-jitsu.

“Itu terjadi saat kami kalah di pertandingan musim reguler. Setelah kami kalah dari Atlanta, saya menghukum diri saya serta memukuli diri sendiri hingga saya merasa puas. Akhirnya lutut saya cedera,” ungkapnya.

“Itu pengalaman yang luar biasa. Saya harus melakukan perawatan selama enam jam untuk kembali melatih tanpa terlihat terlalu pincang. Saya tidak bisa berjalan,” kata Mazzulla dilansir melalui CBS News.

Tetapi Mazzulla menilai cedera itu membantunya meraih kesuksesan pada musim ini. Ia harus menjalani rangkaian sesi terapi. Dia harus bisa mendampingi Celtics di pinggir lapangan.

“Itu membuat saya dalam netalitas bertarung karena saya tidak bisa rileks. Saya harus terus berlatih, terapi, dan itu luar biasa. Ini membawa saya lebih fokus. Saya harus berjalan lebih lambat dan tidak bisa melakukan gerakan tertentu,” imbuhnya.

Dalam musim 2023-2024, rekor Celtics adalah yang terbaik. Tetapi kekalahan back to back itu membuat mereka merasa buruk. Celtics tetap menyelesaikan musim reguler dengan solid. Mereka memiliki rekor 64-18. Dominasi mereka sangat lancar hingga mengalahkan Dallas Mavericks 4-1 di Final NBA 2024. Celtics mengemas rekor playoff 2024 dengan 16-3. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar