IBL

Pascal Siakam akan menandatangani kontrak berdurasi empat tahun senilai 189,5 juta dolar Amerika untuk tetap bersama Indiana Pacers, ketika moratorium offseason NBA ditutup pada awal Juli mendatang. Siakam, yang diakuisisi dari Toronto Raptors pada Januari lalu, memainkan peran utama dalam perjalanan mereka ke final Wilayah Timur.

Berdasarkan ketentuan perjanjian tawar-menawar kolektif NBA yang baru, pada hari setelah pertandingan terakhir Final NBA, setiap pemain yang akan mencapai hak bebas atau memenuhi syarat untuk perpanjangan kontrak pada bulan Juli dapat bernegosiasi dengan tim. 

Pemain tidak diperbolehkan bernegosiasi dengan tim lain hingga moratorium dimulai pada tanggal 30 Juni, dan kontrak tidak dapat ditandatangani hingga moratorium berakhir pada tanggal 6 Juli. 

"Langkah pertama yang sangat penting adalah merekrut Pascal Siakam," kata kepala pelatih Pacers Rick Carlisle beberapa pekan lalu. "Itu akan dimulai hari ini dengan pertemuan manajemen. Dia pemain hebat. Dia luar biasa bagi kami."

Pacers mengakuisisi pemain berusia 30 tahun itu pada Januari 2024, dan ia dengan cepat menjadi bagian utama tim yang akan mencapai final Wilayah Timur sebelum dikalahkan oleh juara NBA, Boston Celtics. Dalam 41 pertandingan musim reguler Pacers, Siakam mencetak rata-rata 21,3 poin, 7,8 rebound, dan 3,7 asis dalam 31,8 menit, dengan persentase tembakan sebenarnya 60,2 persen. 

Foto: Patrick McDermott/GettyImages

Pelatih Carlisle menganggap musim lalu sebagai tahun kedua pembangunan kembali tim Indiana Pacers. Namun dia mencatat bahwa akuisisi Siakam dan Haliburton mempercepat rencana tersebut. 

"Fakta bahwa semua bagian ini cocok satu sama lain menempatkan kami pada posisi yang kuat tahun ini," kata Carlisle ketika musim berakhir.

Siakam, yang masuk dua tim All-Star dan dua tim All-NBA selama masa jabatannya di Toronto, mengoceh tentang beberapa bulan pertamanya di Indiana selama konferensi pers akhir musim.

"Saya sangat bersyukur dan bahagia karena saya datang ke tempat di mana Anda merasa sangat didukung dan Anda merasa dibutuhkan, Anda merasa penting," kata Siakam.

Pacers akan memiliki Siakam dan Tyrese Haliburton, yang akan menandatangani kontrak lima tahun senilai 245 juta dolar Amerika yang disepakati musim panas lalu. Kedua pemain sebagai landasan tim di musim depan. (*)

Foto: nba.com

Komentar