IBL

Setelah NBA selesai, maka seluruh liga basket terbaik dunia juga telah resmi berakhir. Kini, barisan pemain-pemain basket terbaik dunia akan menyambut rangkaian Olimpiade 2024 Paris. Rangkaian awal dalam gelaran empat tahunan ini adalah Olympic Qualifying Tournament (OQT) yang digelar di empat negara yang berbeda, Valencia (Spanyol), Riga (Latvia), Piraeus (Yunani), dan San Juan (Puerto Riko). 

Salah satu negara Asia dan satu-satunya negara ASEAN yang mengikuti OQT ini adalah Filipina. Dilansir The Manila Times, Filipina baru saja memanggil 12 nama untuk pemusatan latihan. Adapun latihan akan digelar di Inspire Sports Academy in Calamba, Laguna. Pemusatan latihan ini akan dimulai pada 21 Juni. 

"Kami mengharapkan semua 12 pemain yang kami panggil bisa hadir tepat waktu," buka Tim Cone, kepala pelatih Filipina. "Namunm kami juga akan memberikan sedikit pengertian kepada para pemain yang baru memainkan final PBA Philippine Cup," imbuh pelatih asal Amerika Serikat ini. 

Cone memanggil seluruh pemain yang sudah berpengalaman membela Filipina di ajang internasional. June Mar Fajardo jadi pemimpin dari skuad ini. Chris Newsome yang baru saja memimpin Meralco Bolts juara dan menjadi MVP Final di PBA Philipine Cup juga semakin sering muncul di skuad utama. Newsome memulai debutnya dengan Gilas Filipinas di SEA Games 2019 sebagai pemain 3X3. 

Filipina bergabung di Grup A untuk OQT Riga. Mereka akan bermain melawan Georgia dan tuan rumah Latvia. Nantinya, mereka akan melakoni semifinal melawan Grup B yang berisi Brasil, Kamerun, dan Montenegro. Seluruh gelaran ini digelar 2-7 Juli 2024. Pemenang OQT ini akan bergabung di Grup B putaran final Olimpiade 2024 Paris bersama Prancis, Jerman, dan Jepang. 

Pun demikian, sebelum berangkat ke Riga, Filipina akan terlebih dulu melakoni laga uji coba. Mereka akan melawan Taiwan Mustangs pada 24 Juni nanti. Mustangs sendiri baru menggebrak usai mendatangkan Dwight Howard, Quinn Cook, dan DeMarcus Cousins. 

Termasuk dalam skuad 12 nama ini adalah pemain naturalissi, Justin Brownlee. Menariknya, sampai sekarang belum ada pengumuman dari Pelita Jaya Jakarta, tim dari Brownlee, mengenai pemanggilan nama salah satu pemain andalan mereka. (DRMK) 

Berikut daftar lengkap 12 nama pemain Filipina untuk OQT: 

June Mar Fajardo (San Miguel Beermen)
Japeth Aguilar (Barangay Ginebra San Miguel)
Scottie Thompson (Barangay Ginebra San Miguel)
C.J. Perez (San Miguel Beermen)
Chris Newsome (Meralco Bolts)
Calvin Oftana (TNT Tropang Giga)
Dwight Ramos (Levanga Hokkaido/Jepang)
Kai Sotto (Yokohama B-Corsairs/Jepang)
Mason Amos (Ateneo University)
Kevin Quiambao (De La Salle University)
Carl Tamayo (Changwon LG Sakers/Korea)
Justin Brownlee (Pelita Jaya Jakarta/Indonesia)

 

Komentar