IBL

Jarang sekali dipublikasikan bahwa selama NBA musim 2023-2024, pelatih senior Jeff Van Gundy, menjabat sebagai konsultan pelatih di Boston Celtics. Jadi bisa disimpulkan bahwa Van Gundy turut andil dalam membawa Celtics meraih gelar ke-18 dalam sejarah NBA. Tapi sekarang, Van Gundy "diculik" oleh LA Clippers. Dia akan bertugas sebagai asisten utama Clippers, mendampingi Tyronn Lue. 

Sebuah langkah besar diambil oleh manajemen Clippers. Adrian Wojnarowski dari ESPN melaporkan bahwa Van Gundy telah menandatangani kesepakatan untuk menjadi asisten utama Clippers, bergabung dengan staf pelatih kepala Tyronn Lue. Faktanya, Van Gundy dan Lue telah berteman sejak mereka berdua bekerja bersama sebagai staf timnas basket Amerika Serikat beberapa tahun lalu.

Foto: Blazer's Edge

Van Gundy menghabiskan musim 2023-2024 sebagai konsultan pelatih untuk Boston Celtics. Dia memainkan peran penting dalam tim Celtics dan berkontribusi pada kemenangan mereka di Final NBA 2024. Pelatih berusia 62 tahun ini memiliki sejarah kepelatihan yang bagus sehingga layak untuk dipekerjakan oleh Clippers. Ini termasuk rekor karier kepelatihan kepala 430-318 di NBA. 

Van Gundy akan menjalani pekerjaan kepelatihan NBA pertama Van Gundy yang berusia 62 tahun sejak 2007. Dia menghabiskan 17 tahun sebelumnya melatih Houston Rockets dan New York Knicks, kemudian mengambil pekerjaan penyiaran di ESPN setelah dia dipecat oleh Rockets.

Sebelum bertugas di pinggir lapangan Knicks pada 1980 hingga 90-an, Van Gundy melatih di NCAA sebagai asisten Providence dan Rutgers dari 1986-1989. Pelatih asal California ini bergabung dengan Knicks sebagai asisten di bawah pelatih kepala Hall of Fame Pat Riley pada tahun 1989. Lalu mewarisi posisi tersebut pada tahun 1996 ketika Riley berangkat ke Miami Heat. Van Gundy memimpin Knicks pada 1996-2001 dan kemudian Houston Rockets pada 2003-2007.

Kehadiran mantan pelatih kepala NBA All-Star Game tahun 2000 di samping Lue akan menjadi hal terpenting bagi Clippers untuk menyatukan bagian-bagian yang hilang dari struktur kejuaraan mereka yang sudah ada sebelumnya. Dia bisa meningkatkan peluang mereka untuk mencapai Final musim depan. Manajemen Clippers berharap Van Gundy bisa membuat timnya seperti Celtics musim ini. 

Foto: The Boston Globe

Sementara itu, Adrian Wojnarowksi mengatakan kalau ini jadi langkah besar bagi Clippers. Karena Van Gundy berkembang pesat selama tugasnya di ESPN, menggabungkan kecerdasan dan pengalaman untuk menganalisa permainan. Van Gundy dianggap sebagai salah satu "pemikir" terbaik dalam bola basket, dan dia menghabiskan 16 tahun kariernya di ESPN, dan sempat menolak banyak tawaran dari tim yang mencoba mengembalikannya ke dunia kepelatihan.

Ketika Van Gundy diberhentikan dari ESPN pada Juni 2023. Dia tidak terjun ke pekerjaan penyiaran lain, namun lebih memilih untuk kembali ke NBA dengan mengambil pekerjaan sebagai konsultan senior untuk Presiden Operasi Bola Basket Boston Celtics Brad Stevens. Sehari setelah Boston Celtics juara, Clippers "menculik" Van Gundy dari mereka. (*)

Foto: hoopsrumors.com

Komentar