IBL

Timnas bola basket Bahama memulai persiapan untuk mengikuti FIBA Olympic Qualifiying Tournament 2024. Mereka melakukan pemusatan latihan di Houston, Texas, Amerika Serikat. Timnas Bahama tampak mewah dengan wajah-wajah pemain NBA yang sudah dikenal, seperti Klay Thompson. Deandre Ayton, Buddy Hield, dan Eric Gordon. 

Bahama dijadwalkan bertanding di Valencia, Spanyol, di mana mereka akan menghadapi Polandia dan Finlandia di babak penyisihan grup turnamen tersebut. Dua tim dari masing-masing grup akan melaju ke babak semifinal. Namun, hanya pemenang setiap Turnamen Kualifikasi Olimpiade FIBA ??2024 yang akan mendapatkan tiket ke Paris, Prancis. 

Jika melihat foto-foto pemusatan latihan tersebut, tentu yang menjadi perhatian adalah kehadiran Klay Thompson. Meski dia ikut berlatih, menurut Shams Charania dari The Athletic, kecil kemungkinannya dia akan bermain di kualifikasi Olimpiade. 

Alasannya, Thompson, yang memenangkan medali emas bersama Amerika Serikat pada tahun 2016, memerlukan pelepasan resmi dari USA Basketball dan persetujuan dari FIBA ??untuk membela timnas Bahama. Izin seperti itu tidak bisa didapatkan dengan cepat, terutama karena Thompson sedang menjajaki opsi "free agent" di NBA.

Berbeda cerita dengan Eric Gordon. Dia memang pernah mewakili tim Amerika Serikat di FIBA Basketball World Cup 2010, di Turki. Saat itu, Gordon mencetak rata-rata 8,6 poin saat finis kedua di tim dalam hal tripoin, dan membantu Amerika Serikat menyelesaikan rekor sempurna (9–0) untuk mendapatkan medali emas. 

Namun Gordon pindah ke Bahama pada bulan Agustus 2023. Menurut 10th Year Seniors, situs berita Bahama, USA Basketball mengabulkan pembebasan Gordon dan FIBA ??menyetujui perubahan perwakilan negaranya karena Pasal 22 Peraturan Internalnya. Pasal 22 melarang pemain mengubah kesetiaan tim nasional setelah ia berpartisipasi dalam kompetisi besar FIBA. 

Pasal tersebut dapat diubah sesuai kebijakan FIBA ??jika pemain tersebut bergabung dengan program tim nasional berkembang dan langkah tersebut dianggap "demi kepentingan terbaik bola basket".

Sementara itu, ada tiga pemain lagi mungkin memenuhi syarat untuk bergabung dengan Bahama, menurut orang dalam NBA Marc Stein. Mereka adalah Evan Mobley, Isaiah Mobley, dan  Naz Reid. Mereka semuanya memiliki ikatan keluarga dengan negara tersebut. Ada pula Kai Jones yang masuk dalam radar timnas Bahama. Dan, jangan lupa ada satu nama pemain timnas Bahama yang bermain di IBL 2024, yaitu Tavario Miller, yang kini berseragam Dewa United Banten. (*)

Foto: X 10th Year Seniors

Komentar