IBL

Penggemar Boston Celtics tidak hanya menyaksikan tim mereka memenangi gelar pada Senin malam (17/6) waktu Amerika Serikat, namun mereka juga menyaksikan tim mereka mengirim Kyrie Irving pulang dari Final NBA dengan kekalahan. Irving, yang merupakan penjahat No. 1 di Boston dengan sportif mengakui kekalahan dan memuji kehebatan Celtics musim ini. Karena dia tahu bahwa Celtics juga menahan sakit hati sejak tahun 2022. 

Lima tahun lalu, Kyrie Irving mengenakan seragam hijau putih yang dikenakan lawannya di Final NBA 2024. Irving pernah menjadi anggota Boston Celtic, dan meskipun waktunya di sana hanya sebentar, dia sudah membuat beberapa hal yang kontroversial. Lima tahun setelah kepergiannya, Irving kembali ke TD Garden untuk Final NBA, tetapi mengenakan seragam biru Dallas Mavericks. Tujuannya adalah memenangkan kejuaraan melawan mantan timnya. Namun itu tidak terjadi, karena Mavericks-nya kalah dalam seri tiga gim berbanding satu.

Penggemar Celtics mendapat tawa terakhir, dengan tim tersebut memenangkan gelar ke-18 dari klub tersebut dengan mengalahkan Irving dan Mavs-nya. Sebelum meninggalkan lapangan, Irving mampir ke bangku cadangan Celtics untuk memberi selamat kepada pemain atas kemenangan mereka. Hal ini membuat beberapa orang terharu lengah, termasuk pelatih kepala Joe Mazzulla.

"Lagipula itu sangat emosional. Maksud saya, setiap seri terasa emosional, hanya karena saya tidak yakin bagaimana kelanjutannya dan bagaimana kami akan merespons sedikit kesulitan," katanya. 

Irving memuji Celtics yang akhirnya menang setelah bertahun-tahun kalah. Dia memuji para pemain Celtics karena memenangkan gelar pertama mereka di era saat ini. Irving, yang pernah memenangkan sebuah cincin sebelumnya, mengatakan bahwa dia berjabat tangan dengan sang juara adalah tanda penghormatan atas perjalanan mereka.

Celtics memang merasakan sakitnya kekalahan hingga saat ini. Mereka kalah di Gim 6 Final NBA 2022 di kandang mereka sendiri, di tangan Stephen Curry dan Golden State Warriors.

"Saat saya menjabat tangan semua orang, itu lebih merupakan tanda penghormatan terhadap perjalanan mereka. Mereka telah melalui rentang waktu lima tahun yang luar biasa untuk mencapai Gim 7 atau kalah di final. Jadi mereka tahu bagaimana rasanya berada di sini dan menjawab pertanyaan tentang apa yang akan terjadi tahun depan. Dan, saya pikir mereka menggunakan kekalahan tersebut sebagai motivasi," imbuh Irving. 

Kepergian Irving bisa saja membuat Celtics berantakan, namun mereka justru malah berfokus pada pengembangan Jayson Tatum dan Jaylen Brown, dan mengelilingi talenta muda yang saling melengkapi. Semuanya terbayar pada Senin malam, dan Irving memuji mantan rekan satu timnya atas pertumbuhan mereka dan kemampuan mereka untuk membungkam kebisingan dari luar.

"Sungguh mengagumkan, Anda tahu, dan melihat -- apakah (Jaylen Brown)memenangkan MVP Final? Ya, itu saat yang tepat untuk melihat trofi itu ada di tangannya. Saya pikir dia dan JT seharusnya membaginya, tapi kedua orang itu khususnya, Anda tahu, hampir seperti pelajar dan sekarang juga menjadi guru," katanya tentang Tatum dan Brown. "Jadi untuk melihat mereka mencapainya, saya sangat bangga dan juga sangat termotivasi untuk kembali ke posisi ini dalam beberapa tahun ke depan bersama para pemain saya dan mampu memenangkan gelar."

Pertahanan Celtics membuat Irving sangat kesulitan sepanjang Final NBA. Dia rata-rata hanya mencetak 19,8 poin per gim, angka yang meningkat dengan upaya 35 poinnya di Gim 3 ketika dia lolos dari Boston saat seri berpindah ke Dallas. Namun Mavs berada dalam lubang 0-2 pada saat itu setelah Irving hanya mencetak 28 poin dalam dua gim pertama, dan dia hanya terpaut 15 poin dari 5-dari-16 tembakan di Gim 5. Untuk seri tersebut, Irving melakukan tembakan yang buruk yaitu 27,6 persen dari jarak tiga poin.

Ini adalah musim penuh pertama Irving di Dallas, dan dia berharap Mavs bisa tumbuh menjadi tim seperti tim yang baru saja mereka kalahkan di Final. 

Penggemar Boston akan selalu meremehkan Irving atas bagaimana hal-hal berakhir dengan dia dan Celtics dan atas kejenakaannya di TD Garden selama masa-masanya di Brooklyn Nets. Namun kepergian Irving dari tim tersebut memungkinkan Tatum dan Brown tumbuh menjadi juara seperti sekarang ini, dan jelas bahwa kepergiannya adalah sebuah berkah bagi Celtics. (*)

Foto: msn

Komentar