IBL

Joe Mazzulla menjadi pelatih termuda yang memenangkan NBA sejak 1970. Mazzulla memimpin Boston Celtics menjadi juara NBA 2024. Ternyata ia mendapat bantuan dari Pep Guardiola.

Setelah Celtics menekuk Dallas Mavericks 4-1 di Final NBA 2024, Mazzulla mengucapkan terima kasih untuk pelatih Manchester City tersebut. Filosofi dan taktik bermain Pep memberi inspirasi Mazzulla.

“Dallas merupakan salah satu tim dengan pertahanan yang paling cerdas. Salah satu yang terbaik di liga. Itulah bantuan dari Pep untuk saya. Soal membuat jarak yang sangat penting. Soal transisi bagaimana membuat pergerakan para pemain,” kata Mazzulla dilansir melalui ESPN.

Celtics membungkam Mavericks dengan mudah di Final NBA 2024. Celtics memimpin 3-0. Mereka menunda perayaan gelar karena kalah di Gim 4. Kemudian Celtics tidak tanggung-tanggung menghabisi Mavericks 106-88 di Gim 5. Semua kemenangan Celtics terjadi dengan menahan Mavericks dibawah 100 poin.

Pep merupakan salah satu pelatih sepak bola tersukses. Pelatih asal Spanyol itu membawa City merajai Premier League. City memenangkan enam gelar dalam tujuh musim terakhir. Satu-satunya meleset pada 2019-2020 saat Liverpool menjadi juara.

Sebagai pelatih, Pep selalu sukses dalam setiap klub yang ia tangani. Ia menjadi pelatih Barcelona pada 2008-2012 dan memenangkan La Liga tiga kali. Kemudian ke Bayern Munich (2013-2016) dan mengoleksi gelar Bundesliga (juga) tiga kali. Dalam tiga tim itu, Pep membawa mereka menjadi juara Piala Dunia Antar Klub.

Dalam wawancara medio Februari lalu, Mazzulla menuturkan bahwa taktik sepak bola juga bisa diterapkan dalam basket. Mazzulla mempelajari secara khusus bagaimana Pep menangani City soal transisi dan serangan balik.

“Saya belajar banyak tentang City dan Pep. Menurut saya dia adalah pelatih terbaik dalam semua level dan olahraga. Itu memberi saya pengaruh besar. Dalam sepak bola dan basket, transisi terjadi begitu cepat. Anda bisa menyerah dan dua detik kemudian bertahan. Permainan terus berubah. Menurut saya, apapun olahraganya, baik lacrosse, sepak bola, atau basket memiliki fundamental yang sama,” kata pelatih berusia 35 tahun itu.

Pep pun memberi dukungan langsung untuk Mazzulla dan Celtics. Pep tampak hadir di Gim 1 Final NBA 2024 dan mengenakan jersey Celtics. Sebelum pertandingan, Pep dan Mazzulla sempat bertemu dan bertukar jersey. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar