IBL

Ketika Milwaukee Bucks menukar Damian Lillard musim panas lalu, mereka tidak menyangka Jrue Holiday akan berlabuh di Boston Celtics. Tapi begitulah yang terjadi, dan kurang dari sembilan bulan kemudian, Celtics telah menambahkan panji kejuaraan ke-18 ke dalam buku besar NBA sepanjang masa mereka. Semuanya bisa diraih berkat bantuan Jrue Holiday.

Holiday menjadikan Celtics tim yang sama sekali berbeda. Tidak harus menjadi pencetak poin utama, tapi dia menutup semua celah yang tepat dan membawa pertahanan Celtics lebih kuat. Brad Stevens telah melakukan beberapa perdagangan luar biasa pada masanya. Mendaratkan Kristaps Porzingis dan Derrick White adalah dua langkah terbaik dalam ingatan saat ini. Banyak yang berpendapat bahwa mendapatkan Holiday adalah satu langkah maju di atas kedua pemain tersebut. 

Banyak juga yang berpendapat bahwa Holiday, meskipun dia tidak membawa pulang penghargaan MVP Final, sebenarnya adalah pemain Boston yang paling berharga. Terutama ketika melawan Mavericks, di mana Holiday menunjukkan kemampuannya untuk mematikan siapa pun yang ada di depannya. 

Holiday mengamankan gelar keduanya di musim NBA ke-15, setelah bersama Milwaukee Bucks meraih gelar juara NBA pada musim panas 2021. Holiday mencetak rata-rata 14,4 poin, 7,4 rebound, dan 3,8 asis dalam lima pertandingan melawan Dallas Mavericks. Holiday menutup seri lima pertandingan dengan 15 poin dan 11 rebound pada Senin malam, saat Celtics mengamankan kemenangan 106-88 melawan Mavericks.
 
Holiday menjadi pemain NBA pertama dengan lebih dari 100 menit dan setidaknya 10 asis tanpa turnover melalui rentang tiga pertandingan dalam seri Final NBA sejak statistik turnover pertama kali dicatat pada musim 1977-1978. Selama musim reguler 2023-24, Holiday rata-rata mencetak 12,5 poin, 5,4 rebound, dan 4,8 asis dalam 69 pertandingan. Dia menembak 48,0 persen dari lapangan dan 42,9 persen dari tripoin. Holiday terpilih untuk bersaing untuk Tim AS di Olimpiade musim panas ini di Prancis.

Holiday adalah satu-satunya pemain di liga yang memenangkan dua gelar juara selama empat tahun terakhir. Faktanya, dia adalah salah satu dari hanya dua pemain yang memiliki banyak cincin pada dekade ini, bergabung dengan Kentavious Caldwell-Pope, yang menang pada tahun 2020 bersama Lakers dan sekali lagi pada musim lalu bersama Nuggets . 

Holiday, tentu saja, membantu memimpin Bucks ke kejuaraan 2021 melawan Suns, ketika dia menjadi mimpi buruk bagi Chris Paul. Jalen Brunson baru-baru ini menyebut Holiday sebagai pemain bertahan terbaik di liga dan tidak ada perdebatan setelah pernyataan tersebut. Tapi sekali lagi, dia melakukan lebih dari sekedar bertahan. Dia selalu melakukan permainan yang tepat dengan bola atau memotong ke titik yang tepat. 

Jrue Holiday baru saja menyelesaikan babak playoff dengan shooting split 50-40-95. Di Final, ia mencetak rata-rata di bawah 15 poin, 8 rebound, dan 4 asis pada shooting split 53-42-100. Ini merupakan catatan yang bersejarah bagi Holiday. (*) 

Foto: nba.com

Komentar