IBL

Boston Celtics telah memenangkan gelar ke-18 mereka setelah mengalahkan Dallas Mavericks dalam lima pertandingan di Final NBA. Jaylen Brown dinobatkan sebagai MVP Final, menerima trofi Bill Russell pada upacara penganugerahan piala. Gelar ini sekaligus menghancurkan keraguan banyak pihak tentang masa depannya bersama Tatum.

"Itu adalah upaya tim penuh, saya menceritakan hal ini kepada saudara laki-laki saya dan rekan saya Jayson Tatum. Dia selalu bersama saya. Kami berbagi masalah ini bersama-sama," kata Brown dalam pidato penerimaannya. "Saya tidak peduli apa yang orang lain katakan, kami keluar dan bermain basket."

Brown menandatangani perpanjangan kontrak supermax selama lima tahun senilai 304 juta dolar Amerika musim panas lalu yang menjadikannya pemain dengan bayaran tertinggi di Asosiasi. Semuanya terbayar pada Senin malam. Setelah Boston menyelesaikan tugas final di Gim 5, mengalahkan Dallas 106-88 di depan penonton TD Garden yang menyaksikan Celtics dinobatkan untuk memimpin liga ke-18 kalinya, Brown dinobatkan sebagai MVP Final NBA. 

Pemain berusia 27 tahun tersingkir di final bersama Tatum dua tahun sebelumnya melawan Golden State Warriors setelah unggul 2-1 dalam seri. Membantu Boston mencapai tujuan yang sebelumnya tidak tercapai, sejak kemitraan mereka yang banyak diperdebatkan dimulai pada tahun 2017.

Dia mencetak 21 poin, 8 rebound, dan 6 asis di Gim 5 ketika Boston memimpin 67-46 pada babak pertama dan melaju hingga akhir. Brown, yang memenangkan penghargaan MVP di final Wilayah Timur juga setelah Boston menyapu Indiana, menembakkan 44 persen dari lapangan secara keseluruhan dengan rata-rata mencetak 20,8 poin, 5,4 rebound, 5 asis, 1,6 steal dan 0,8 blok dalam seri tersebut.

Pertahanannya terhadap Luka Doncic dari Dallas adalah faktor utama dalam pertarungan ini. Karena bintang Mavericks itu berjuang untuk menjadi dirinya yang transenden ketika dihadapkan dengan fisik dan kecerdasan Brown. Mengingat apa yang terjadi pada 22 Januari, ketika Celtics mengalahkan Mavericks di Dallas dan Brown menjadi berita utama dengan analisis pasca pertandingannya yang diyakini banyak orang ditujukan pada Doncic, ini merupakan akhir yang pas. (*)

Foto: NY Times

Komentar