IBL

Boston Celtics mengalahkan Dallas Mavericks 106-88 pada Senin malam untuk mengklaim rekor gelar NBA ke-18. Celtics unggul satu gelar lebih banyak dari rival lama mereka Los Angeles Lakers.

"Anda memiliki sangat sedikit peluang dalam hidup untuk menjadi hebat… Anda harus mengambil risiko dan Anda harus memilikinya, dan orang-orang kami memilikinya," kata pelatih Celtics Joe Mazzulla, pada upacara penyerahan piala.

Apa yang diperkirakan banyak orang akan menjadi seri yang penuh perjuangan berakhir dengan kemenangan di kandang sendiri. Celtics memimpin dengan 21 poin pada babak pertama dan tidak pernah ketinggalan sepanjang malam. 

Seri yang dimenangkan Celtics 4-1 tidak pernah diragukan lagi, bahkan ketika Mavericks memenangkan Gim 4 dengan ledakan 38 poin Jumat lalu. Hal yang sama dapat dikatakan untuk seluruh kampanye playoff Celtics, di mana mereka hanya kehilangan tiga pertandingan.

"Kami telah merespons sepanjang tahun dan hal ini tidak berbeda," kata forward Celtics Jayson Tatum setelah pertandingan. "Kami berhutang budi kepada penggemar kami, ini merupakan perjalanan yang panjang. Ini merupakan perjalanan yang panjang."

Tatum, yang masuk tim utama All-NBA untuk ketiga kalinya musim ini, tampil luar biasa pada Senin malam, mencetak 31 poin, 11 assist, dan delapan rebound. Kemenangan tersebut terjadi tepat 16 tahun setelah Celtics terakhir kali meraih gelar NBA , pada tahun 2008. Jaylen Brown, yang mengumpulkan 21 poin pada malam itu, dinobatkan sebagai MVP final.

"Itu adalah upaya tim penuh dan saya akan berbagi ini dengan saudara laki-laki saya dan mitra saya Jayson Tatum, dia selalu bersama saya," kata Brown, sebelum memeluk Tatum. 

Kemenangan kejuaraan mengakhiri serangkaian kegagalan Celtics. Selain kekalahan mereka di final NBA dua tahun lalu, mereka juga kalah di final konferensi dalam empat dari delapan musim terakhir.

"Apa yang akan mereka katakan sekarang?" kata Tatum saat ditanya mengenai kritik yang mengatakan tim ini tidak bisa memenuhi janjinya.

Pada hari Senin, dan untuk sebagian besar musim di mana mereka memenangkan 80 dari 101 pertandingan mereka, Celtics-lah menjadi tim terbaik tahun ini. (*)

Foto: Forbes

Komentar