IBL

Pemain Los Angeles Lakers Rui Hachimura saat ini sedang berada di Dubai, untuk menyaksikan Basketball Champions League (BCL) Asia 2024. Sebagai alasan utama, tentu saja Hachimura ingin memberikan dukungan pada juara B.LEAGUE Jepang Hiroshima Dragonflies dalam turnamen tersebut. Hachimura tak kecewa meski tim Jepang gagal ke final. Dirinya bangga melihat perkembangan bola basket Jepang di level internasional.

Rui Hachimura masuk ke Gedung Olahraga Sheikh Saeed Bin Maktoum, untuk menyaksikan Hiroshima Dragonflies bertanding melawan Al Riyadi di babak semifinal. Hampir satu dekade yang lalu, tempat inilah yang menjadi tempat pemain Lakers tersebut mengukirkan prestasi internasional. Dia bermain untuk timnas Jepang di FIBA Basketball World Cup U17 2014, dengan mencetak rata-rata 22,6 poin per gim yang jadi catatan tertinggi pada turnamen tersebut. 

Foto: fiba.basketball

Hachimura telah melakukan beberapa perjalanan selama musim panas ini seperti yang didokumentasikan di akun Instagram-nya dari Belanda ke Prancis, Spanyol, Yordania, dan sekarang di Dubai. Dengan kehadirannya di BCL Asia 2024, pemain berusia 26 tahun ini tampaknya ingin menunjukkan rasa cintanya pada permainan, sekaligus mendukung tim asal Jepang. 

"Ini adalah saat yang tepat baginya untuk berada di sini juga, karena juara B.LEAGUE Jepang Hiroshima Dragonflies lolos ke Semi-Final kompetisi ini. Saya mengenal beberapa orang di tim, jadi saya bersemangat untuk bertemu mereka lagi," kata warga asli Toyama ini.

Pemain Dragonflies Toshiki Kamisawa juga merupakan penduduk asli Toyama dan pernah berlatih dengan Hachimura di masa lalu. Dia mengatakan tidak ada yang berubah dari rekannya tersebut. Dia tetap pribadi yang ramah. 

"Rui satu tahun lebih tua dariku, tapi sangat ramah," kata Kamisawa seperti dilansir Sports Hochi. "Dia melakukan dunk dengan mudah. Dia masuk NBA melalui usahanya yang kera, dan dia adalah inspirasi besar bagi saya."

Foto: fiba.basketball

Dengan performa yang kuat di Dubai, Dragonflies juga dapat memberikan pengaruh global, jika mereka muncul sebagai juara dan lolos ke FIBA ​​Intercontinental Cup di mana mereka akan melawan juara lain dari seluruh dunia. Namun Dragonflies kalah dari Al Riyadi, yang juga diperkuat oleh Thon Maker. Namun Hachimura tampaknya tidak kecewa dengan performa Dragonflies. Justru dia bangga dengan pencapaian tim Jepang di kompetisi internasional.

"Bagus, ini kesempatan bagus bagi kita karena bola basket Jepang masih terus berkembang," kata Hachimura. "Akan bagus untuk menunjukkan apa yang bisa kami lakukan. Saya berharap mereka akan lebih bagus ke depan. Bola basket di Jepang berkembang sedikit demi sedikit setiap tahunnya, saya pikir kami masih membutuhkan banyak pengalaman seperti ini, pertandingan internasional dan hal-hal semacam ini akan membantu kami untuk lebih berkembang. 

Rui Hachimura masih punya sisa kontrak selama dua musim di Los Angeles Lakers. Sehingga dia bisa bersantai, selama akhir musim ini. Sembari menunggu untuk Kembali ke Los Angeles dan bergabung dengan rekan-rekannya. (*)

Foto: fiba.basketball

Komentar