IBL

Shabab Al Ahli bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan Shahrdary Gorgan dan menang 73-71, pada laga semifinal Basketball Champions League (BCL) Asia 2024, Jumat (14/6). Di semifinal kedua, Al Riyadi lolos ke final setelah menunjukkan dominasinya atas Hiroshima Dragonflies dengan skor akhir, 121-89. Sehingga Shabab Al Ahli dan Al Riyadi akan bersaing di partai puncak untuk memperebutkan trofi BCL Asia 2024.

Pertandingan semifinal antara Shabab Al Ahli dan Shahrdary Gorgan berlangsung sengit. Kuarter terakhir tampak seolah-olah Gorgan yang notabene sebagai juara liga Iran akan melewati Al Ahli. Namun, Al Ahli pantang menyerah dan bangkit kembali untuk memimpin saat pertandingan tersisa kurang dari tiga menit.

Dengan waktu tersisa lebih dari 30 detik, Travin Thibodeaux melepaskan tembakan terbesar dalam gim, yang akhirnya menjadi momentum bagi Al Ahli. Setelah Sir'Dominic Pointer melewatkan dua tembakan gratis untuk menjadikannya permainan dua penguasaan bola dengan beberapa detik tersisa, Gorgan bergegas untuk melakukan upaya terakhir. 

Sina Vahedi melakukan upaya dari baseline untuk melakukan layup, tapi digagalkan oleh Pointer yang menebus kesalahan dirinya karena tidak memasukkan dua tembakan gratis. Tapi justru inilah momen penting dalam kemenangan Al Ahli. Sebagai sebuah tim, Al Ahli hanya melakukan dua blok, yang semuanya dibuat oleh Pointer. 

Pointer menjadi hidup di kuarter terakhir untuk menyelesaikan dengan 16 poin, 4 rebound, dan 5 asis. Tetapi statistik yang paling penting adalah blok terakhir yang menutup permainan. Qais Omar Alshabebi memimpin tim dalam mencetak poin dengan 20 poin dan 5 rebound.

Di semifinal kedua, Al Riyadi melampaui angka 100 poin, setelah tampil mengesankan pada tiga menit terakhir kuarter keempat. Ini juga merupakan permainan dengan skor tertinggi Al Riyadi, mengalahkan poin tertinggi sebelumnya yaitu 118 poin melawan Liaoning Flying Leopards di gim pertama.

Al Riyadi tampil cemerlang sejak awal, menembakkan 14-17 dari lapangan pada kuarter pertama dengan lima lemparan tiga angka. Mereka tidak melambat pada kuarter kedua, dengan total 69 poin pada babak pertama dan 73 persen tembakan menjelang jeda paruh waktu.

Dengan keunggulan besar di tangan mereka, Al Riyadi membiarkan diri mereka untuk menenangkan diri, dan menyelesaikan permainan dengan tingkat tembakan yang efisien sebesar 65,3 persen. Delapan pemain Al Riyadi mencatatkan papan skor pada pertandingan ini, dengan tujuh pemain bisa mendapatkan poin digit ganda. Amir Saoud memimpin dengan 21 poin.

Dengan demikian maka Hiroshima Dragonflies dan Shahrdary Gorgan akan bertemu di perebutan juara ketiga pada hari Sabtu, 15 Juni. Kedua tim sudah pernah bertemu di babak penyisihan Grup B, di mana Gorgan menang 94-81, yang akhirnya membuat Pelita Jaya Basketball tersingkir dari playoffs. Sedangkan partai final antara Shabab Al Ahli dan Al Riyadi akan digelar pada hari yang sama. (*)

Foto: fiba.basketball

Komentar