IBL

Boston Celtics hampir menjadi tim pertama yang bangkit setelah tertinggal 0-3 pada Final Wilayah Timur 2023. Tapi pada Gim 7, Miami Heat membungkam Celtics dan melenggang ke Final NBA 2023. Semusim berlalu, Celtics belajar dari kekalahan tersebut.

Tim asuhan Joe Mazzulla itu kini tampil di Final NBA 2024. Final Nba kedua dalam tiga musim terakhir. Mereka memimpin 3-0 dari Dallas Mavericks. Celtics hanya satu langkah lagi merengkuh gelar ke-18.

“Tahun lalu kami gagal di rumah sendiri. Menurut saya itu pasti hal yang menyakitkan dan memalukan. Saya merasa tim mengandalkan saya. JT (Jayson Tatum) cedera di Gim 7 dan saya kehilangan bola. Itu membuat saya gila sepanjang musim panas,” kata Jaylen Brown dilansir melalui ESPN.

Pada Final Wilayah Timur 2023, Heat memimpin 3-0. Celtics tidak menyerah. Mereka mengejar dan menyamakan kedudukan 3-3. Gim 7 yang menjadi penentuan dilakukan di TD Garden, Boston. Tuan rumah takluk 103-84.

Celtics merespon dengan baik hasil tersebut. Mereka melakukan pergerakan yang cerdas di bursa transfer. Celtics merekrut Kristaps Porzingis dari Washington Wizards dengan mengirimkan Marcus Smart ke Memphis Grizzlies.

Tidak hanya itu. Celtics melihat celah dengan mendapatkan Jrue Holiday yang dilepas oleh Milwaukee Bucks. Kedua pemain itu memiliki andil besar dalam dominasi Celtics musim ini. Atas hasil tersebut, Brad Stevens pun terpilih sebagai Executive of the Year 2024.

Celtics menjadi tim terbaik pada musim 2023-2024 dengan rekor kemenangan 64-18. Satu-satunya tim yang mencapai 60 kemenangan. Termasuk rekor 20 kemenangan beruntun di kandang.

Kemenangan di Gim 3 Final NBA 2024 membuat Celtics memiliki rekor 15-2 di playoff. Salah satu rekor terbaik playoff dalam sejarah NBA. Jika bisa menyapu bersih Mavericks besok, rekor itu menjadi 16-2, terbaik kedua dalam sejarah setelah Golden State Warriors pada 2017 dengan 16-1.

“Kami belajar dari musim lalu atas kesuksesan kami musim ini. Kami sangat berambisi kembali ke Final NBA. Saya pikir kami tidak menganggap remeh dan melakukan pendekatan yang sama setiap hari, berusaha lebih baik, dan tidak pernah puas,” imbuh Tatum. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar