Jayson Tatum akhirnya menembak lebih baik. Dalam Gim 3 Final NBA 2024 itu, Tatum memimpin Celtics meraih kemenangan 106-99 dari Dallas Mavericks. Celtics kini unggul 3-0 dan selangkah lagi menjadi juara NBA 2024.

Hasil Gim 3 ini menjadi skor terbaik Tatum di seri final. Ia membukukan 31 poin, 6 rebound, dan 5 asis. Pemain dari Duke University itu mencatat akurasi 42 persen dari 11/26 tembakan. Ia tidak meleset dalam 5 tembakan gratis.

Meski Celtics sudah unggul 3-0, Tatum tidak ingin terlalu cepat senang. Celtics bisa saja merayakan gelar juara jika memenangkan Gim 4 pada besok lusa di American Airlines Center, Dallas. Tapi Tatum tidak akan puas jika Celtics belum mengamankan empat kemenangan di Final NBA 2024.

“Kami tidak serta merta mengatakan seperti satu kemenangan lagi atau semacamnya. Kami hanya mengatakan berapapun waktu yang dibutuhkan. Tidak ada yang santai dan berpuas diri dengan hasil ini,” kata Tatum usai pertandingan.

Dalam sejarah NBA, tidak ada tim yang bisa bangkit setelah tertinggal 3-0. Mungkin Celtics bisa juara dengan menyapu bersih Mavericks. Mungkin juga mereka bisa sedikit menunda di Gim 6 di TD Garden jika ternyata Mavericks memenangkan Gim 5.

Tatum telah merasakan dua Final NBA. Pertama pada tahun 2022. Saat itu mereka takluk enam gim dari Golden State Warriors. Untuk kedua kalinya sejak tahun 2008, Celtics gagal juara.

“Pengalaman adalah guru yang terbaik. Kami belajar dari kesalahan. Kami telah melewati masa sulit dan lebih tangguh secara mental. Kami berkembang sejak kekalahan itu. Kalau mau jadi juara, kami harus tangguh menghadapi kegagalan. Kami menunjukkannya malam ini,” kata All-Star lima kali tersebut.

Pada Gim 3 ini, Celtics nyaris tersusul di kuarter keempat setelah unggul 21 poin. Mavericks mengejar hingga 93-92. Untungnya mereka kehilangan Luka Doncic yang terkena foul trouble. Celtics mempertahankan keunggulan. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar