Saat kuarter keempat dimulai, bintang Dallas Mavericks Luka Doncic hanya melakukan dua pelanggaran dan timnya tertinggal 15 poin dari Boston Celtics. Maju cepat ke delapan menit pertandingan, dan situasi semakin buruk bagi Mavs. Doncic dikeluarkan dari permainan (fouled-out), dan Gim 3 Final 2024 menjadi milik Celtics. 

Sepanjang kariernya, Luka Doncic hanya pernah tiga kali dikeluarkan dari permainan karena melakukan enam kali pelanggaran. Ketika menghadapi awak media seusai laga, Doncic protes tentang empat pelanggaran yang diterimanya dalam delapan menit. 

"Kami tidak bisa bermain fisik," tambah Doncic. "Saya tidak ingin mengatakan apa pun. Anda tahu, enam pelanggaran di Final NBA, pada dasarnya saya seperti ini (gerakan dengan tangan terbuka). Ayolah kawan. (Bisakah) lebih baik dari itu.

Mavericks yang tertinggal 21 poin pada kuarter keempat, unggul 20-2 ketika Doncic melakukan pelanggaran keenam di sisa menit 4:12 kuarter keempat. Dia menjaga Jaylen Brown dan terjadi kontak. Meskipun sepertinya Doncic tetap berada di depan Brown. Mavericks melakukan protes terhadap keputusan tersebut. Namun crew-chief Marc Davis mengatakan bahwa Doncic belum menentukan posisinya ketika Brown melakukan kontrak dengannya.

"Saya tidak berpikir itu sebuah pelanggaran. Saya rasa tidak satu pun dari kami yang melakukannya," kata Dereck Lively II.

Brown juga menjadi penyebab pelanggaran kelima Doncic dengan kontak yang meragukan antara kedua pemain. Pelatih Mavericks Jason Kidd ditanya setelahnya mengapa dia tidak menantang pelanggaran kelima Doncic, dan dia hanya berkata "mungkin kami seharusnya melakukan protes terhadap pelanggaran yang diberikan kepada kami."

Doncic selalu dikenal suka merengek kepada wasit. Hal tersebut terus berlanjut sepanjang Final NBA 2024. Dalam seri ini, ia juga berjuang melawan cedera di pergelangan kaki dan lututnya, ditambah luka memar di dada yang baru. Meski begitu, cedera tersebut tidak menghentikannya untuk tampil efektif, atau mendorong Mavericks untuk menyelesaikan pertandingan dengan hasil positif di gim sebelumnya.

Sebaliknya, Jaylen Brown memuji Doncic pasca pertandingan, alih-alih menjelaskan apa yang dia lihat dari superstar Dallas, yang hanya mencetak delapan poin di kuarter keempat di semua seri. 

"Luka adalah pemain hebat. Saya akan mulai dengan mengatakan itu. Dia melakukan banyak hal untuk timnya," kata Brown. "Dia sering menguasai bola secara ofensif. Ini merupakan pendakian yang sulit baginya. Dia tangguh. Bahkan dengan kuartal keempat, statistik tersebut, dia masih mampu mencapai apa pun yang dia inginkan. Jadi kami harus terus menjadi lebih baik, dan hanya itu yang bisa saya katakan."

Doncic kesulitan menembak, hanya melakukan 11-dari-27 percobaan tembakan. Dia mencatatkan 1 dari 7 tembakan 3 dengan 6 rebound dan 6 asis, serta bermain dengan dada memar yang memerlukan suntikan untuk mengatasi rasa sakit. Doncic tampaknya bekerja keras berkali-kali lipat selama Gim 3, yang kemungkinan besar menjadi faktor penyebab beberapa pelanggaran di kuarter keempat.

"Luka jatuh ke lantai dalam posisi yang tidak dapat diterima untuk menempatkan dirinya dengan 4 menit tersisa dengan 5 pelanggaran. Dan, dia segera melihat ke bangku cadangan dan berkata, 'Sebaiknya kamu tidur', seolah-olah itu adalah kesalahan bangku cadangan," kata Brian Windhorst dari ESPN setelah pertandingan. "Saya berdiri di sini, di terowongan Mavericks, di sanalah (pertunjukan) terowongan Celtics,di situlah para pemenang berada. Jika Luka ingin menjadi pemenang dengan keluar dari terowongan ini, dia harus menggunakan apa yang terjadi di Final ini sebagai sebuah pengalaman belajar. Penampilan defensifnya tidak dapat diterima."

Performa defensif Doncic di Final NBA, atau kekurangannya, menjadi viral di media sosial minggu ini. Sementara itu, obsesi superstar Slovenia terhadap wasit dan keluhan yang terus-menerus telah menjadi topik yang lama dibicarakan selama bertahun-tahun.

"Dia adalah lubang di lapangan, Celtics menyerangnya, mereka unggul dalam seri ini karena mereka menyerangnya secara defensif. Anda mempunyai situasi di mana Luka mengeluh tentang wasit. Mereka memohon padanya, mereka telah berbicara dengannya , mereka telah memohon padanya. Dia merugikan timnya karena cara dia memperlakukan para ofisial," kata Windhorst. (*)

Foto: Dallas Morning News

 

Komentar