Boston Celtics selangkah lagi menuju gelar juara NBA 2024. Memainkan Gim 3 di markas Dallas Mavericks, Rabu (12/6), waktu setempat, Celtics menang 106-99. Ini jadi gim tersengit Final NBA 2024 sejauh ini. Kemenangan ini juga mempertahankan rekor tandang tak terkalahkan Celtics sepanjang Playoff NBA 2024. Celtics juga sudah tak kalah dalam 10 gim terakhir mereka. 

Ketat di paruh pertama, Celtics seolah tak terbendung di kuarter tiga dengan laju (35-19). Celtics bahkan unggul 21 poin di awal tiga menit pertama kuarter empat. Menariknya, Mavericks seolah baru terbangun setelahnya. Pertahanan mereka jadi jauh lebih solid dan serangan mengalir dengan baik. Melaju (20-2), Mavericks pun lantas hanya tertinggal tiga poin di sisa empat menit. 

Sampai sini, drama tercipta. Luka Doncic melakukan dua foul dalam satu menit beruntun yang membuatnya akhirnya fouled out. Meski Mavericks sempat memangkas jarak kembali jadi dua poin, Celtics dengan segala opsinya masih dapat bertahan sampai akhir laga. 

Jayson Tatum dan Jaylen Brown mendominasi serangan Celtics. Tatum membukukan 31 poin, 6 rebound, 5 asis, dengan akurasi 42 persen (11/26). Ini adalah akurasi terbaik Tatum sepanjang final. Sebelumnya, Tatum hany menembak 31 persen. 

Brown menyusul dengan 30 poin, 8 rebound, 8 asis dari 12/22 tembakan (54 persen). Brown membuat 24 dari keseluruhan poinnya di paruh kedua (15 di kuarter 3). Brown juga jadi pemain keempat terakhir dari Wilayah Timur yang mencetak 30+ poin, 8+ rebound, dan 8+ asis di final setelah Jimmy Butler, LeBron James, dan Michael Jordan. 

Derrick White juga solid. Ia melengkapi daftar pencetak angka digit ganda dengan 16 poin, 5 rebound, 4 asis. White membukukan 13 dari keseluruhan poinnya juga di paruh kedua. Jrue Holiday masih tak membuat turnover sepanjang Final NBA 2024 ini. Bermain 41 menit (terlama dari dua gim sebelumnya), Holiday membukukan 9 poin, 4 rebound, dan 5 asis. 

Sebelum keluar dari pertandingan, Doncic membukukan 27 poin, 6 rebound, 6 asis dari 11/27 tembakan. Ini jadi kali pertama sepanjang karier Playoff NBA Doncic di mana ia terkena fouled out. Sepanjang kariernya (termasuk musim reguler), Doncic baru tiga kali melakukan enam foul dalam satu gim. 

Kyrie Irving memberikan segalanya dengan 35 poin dari 13/28 tembakan. Irving hanya istirahat tiga menit. Catatan 35 poin ini menyamai rataan Irving di Gim 3 Final NBA dengan 34,0 poin per gim. P.J. Washington 13 poin, sedangkan Dereck Lively II menambahkan dobel-dobel 11 poin 13 rebound dari bangku cadangan. 

Belum pernah ada tim yang kembali dan menjadi juara setelah ketinggalan 3-0 di Final NBA. Gim 4 masih akan digelar di Dallas, lusa. (DRMK)

Foto: Getty Images 

Komentar