NBA tidak pernah secara resmi mengakui bahwa logo klasik mereka yang berwarna merah, putih dan biru meniru Jerry West, legenda Los Angeles Lakers yang meninggal Rabu pada usia 86 tahun. Meski, orang yang merancang logo tersebut memberikan penjelasan bahwa gambar tersebut adalah sosok Jerry West. 

Pada tahun 1969, Komisaris NBA J. Walter Kennedy menyewa agen branding bernama Alan Siegel merancang logo baru untuk liga tersebut. Kennedy terkesan dengan pekerjaan yang dilakukan Siegel dalam desain logo peringatan 100 tahun Major League Baseball karya Jerry Dior, yang menampilkan siluet berwarna merah, putih, dan biru.

"Ini Jerry West," kata Alan Siegel kepada Los Angeles Times pada tahun 2010. "Pada waktu itu, Kennedy menginginkan logo yang memiliki hubungan kekeluargaan dengan Major League Baseball, karena reputasi NBA telah ternoda oleh banyak pemain yang menggunakan narkoba, dan bola basket telah tertinggal dari ketenaran bisbol."

Alan Siegel pencipta Logo NBA. Foto: jaredwivell17blog

Siegel sedang mencari inspirasi untuk logo NBA-nya ketika dia menelepon teman masa kecilnya dan sesama lulusan Cornell, Dick Schaap. Penulis dan penyiar olahraga legendaris itu bekerja sebagai editor di majalah Sport pada saat itu dan memberi Siegel akses ke arsip foto publikasi tersebut. Siegel, langsung tertarik pada foto West oleh Wen Roberts, yang menjadi fotografer resmi Lakers ketika tim tersebut berpindah dari Minneapolis ke Los Angeles sebelum musim 1960-1961.

"Foto tersebut terlihat sangat bagus, proporsional, dan nyaman. Akhirnya saya menjiplaknya," kata Siegel tentang foto itu, yang menggambarkan West melantun bola dengan tangan kirinya. "Itu sempurna. Itu vertikal dan memiliki perasaan bergerak." 

"Saya dibayar 14 ribu (dolar Amerika)," kata Siegel kepada NBA.com pada tahun 2021. "Itu bukan uang yang banyak, tapi itu adalah tugas yang bergengsi dan saya tidak pernah berpikir dua kali." 

Logo NBA dengan inspirasi dari foto Jerry West memulai debutnya pada tahun 1971. Meskipun sampai sekarang, NBA tidak pernah mengkonfirmasi bahwa itu adalah dia, tidak ada penolakan juga.

"Sepertinya seseorang familiar," kata West kepada Times tentang reaksinya saat pertama kali melihat logo tersebut. "Saya berharap tidak pernah tersiar kabar bahwa sayalah logonya. Ada lima orang yang akan mereka pertimbangkan, dan saya tidak mengetahuinya sampai mendiang komisaris (Kennedy) memberi tahu saya tentang hal itu. … Sekali lagi, ini membanggakan. Tapi jika saya adalah NBA, saya akan malu karenanya."

Foto: New York Post

Liga tidak pernah menyatakan West sebagai inspirasi logo tersebut, meskipun Komisaris Adam Silver mengakui sangat mirip dengan Jerry West pada tahun 2021. Dalam salah satu episode podcastnya tahun lalu, penyerang Los Angeles Clippers Paul George mengatakan kepada West bahwa dia harus menganggap hubungannya dengan logo tersebut sebagai suatu kehormatan besar.

Pengakuan bahwa Jerry West adalah logo NBA juga disampaikan Michael Jordan dalam pesan yang dibacakan oleh Stephen A. Smith dalam acara "First Take" di ESPN. Jordan menyampaikan ungkapan bela sungkawa yang mendalam atas meninggalnya Jerry West, dan mengakhiri pesan tersebut dengan kalimat "Selamat Beristirahat, Logo". (*)

Foto: CNN

Komentar