Dunia bola basket sedang terguncang oleh kematian pemain legendaris sekaligus ikon NBA, Jerry West pada hari Rabu (12/6) waktu Amerika Serikat. Michael Jordan memberikan penghormatan emosional kepada Jerry West, setelah meninggalnya West di usia 86 tahun.

Jordan mengirim pesan teks ke Stephen A. Smith untuk dibacakan di "First Take " ESPN, setelah berita kematian West tersebar. 

"Saya sangat sedih atas berita meninggalnya Jerry," pesan Jordan yang dibacakan Smith. "Dia benar-benar seorang teman dan mentor. Seperti kakak laki-laki saya. Saya menghargai persahabatan dan pengetahuannya. Saya selalu berharap bisa bermain melawannya sebagai pesaing, tetapi semakin saya mengenalnya, saya berharap saya bisa melakukannya. Saya mengagumi wawasan bola basketnya, dan dia dan saya memiliki banyak kesamaan dalam pendekatan kami terhadap permainan ini. Dia akan selamanya dirindukan. Saya turut berbelasungkawa kepada istrinya Karen dan putra-putranya. Beristirahatlah dengan tenang, The Logo."

Smith kemudian menambahkan, "Dia (Michael Jordan) mengirimkan pesan ini kepada saya dan meminta saya untuk membacanya secara langsung dalam acara ini."

West diabadikan sebagai siluet yang digunakan untuk logo NBA pada tahun 1969. Ia memenangkan kejuaraan NBA tahun 1972 bersama Lakers dan kemudian memenangkan delapan gelar lagi sebagai eksekutif bersama Lakers dan Golden State Warriors.

West menjabat sebagai konsultan di Los Angeles Clippers sejak 2017, dan tim tersebut mengumumkan bahwa West "meninggal dunia dengan damai" pada usia 86 tahun dengan istri di sisinya. West telah bersama Karen sejak 1978 dan memiliki dua putra, Ryan dan Jonnie, yang kemudian bermain bola basket di almamater ayahnya, WVU. Sebelumnya, West menikah dengan kekasih kampusnya, dan dikaruniai tiga putra, yaitu David, Mark, dan Michael.

West sudah dua kali menjadi Naismith Memorial Basketball Hall of Famer sebagai pemain (1979) dan anggota tim Olimpiade Amerika Serikat tahun 1960 yang memenangkan medali emas (2010), dan dia akan diabadikan untuk ketiga kalinya secara anumerta atas karyanya. sebagai eksekutif akhir tahun ini. (*)

Foto: Juan Ocampo - NBAE

Komentar