IBL

Kristaps Porzingis kemungkinan besar tidak akan tampil di Gim 3 Final NBA 2024 besok. Pemain asal Latvia itu mengalami cedera di kaki kirinya. Cukup parah. Dalam keterangan resminya, Boston Celtics menyebut Porzingis mengalami robekan retinaculum medial yang menyebabkan dislokasi tendon tibialis posterior di kaki kirinya.

Dokter spesialis ortopedi dari Southcoast Health Dr. John Ponti menyebutkan cedera tersebut bisa sangat menyakitkan bagi penderitanya. Pada dasarnya retinaculum medial merupakan struktur seperti pita yang sangat tebal yang membantu menambatkan tendon pergelangan kaki dan membantu tendon itu melakukan fungsinya.

“Jadi, saat retinaculum di pergelangan kaki Porzingis robek, pada dasarnya yang terjadi salah satu tendon itu kini bergeser dari tempatnya dan membuatnya terkilir. Itu bisa sangat menyakitkan,” kata Ponti dilansir melalui Yahoo Sports.

“Fungsi spesifik dari tendon itu adalah untuk melenturkan plantar kaki ke jari kaki. Untuk pemain dengan tinggi 7 kaki 3 inci, itu bisa sangat menantang terutama saat mencoba untuk melompat,” lanjutnya.

Baca juga: Kristaps Porzingis Cedera Serius

Pelatih Celtics Joe Mazzulla menyebutkan bahwa Porzingis mengalami cedera serius. Porzingis baru bermain dua gim setelah mengalami absen selama lima pekan. Pada Gim 2 Final NBA 2024, Porzingis mengalami cedera lagi.

Ponti melihat cedera ini sebagai tantangan tersendiri bagi tim medis Celtics. Sebab, Celtics mengharapkan kehadiran Porzingis di Final NAB 2024. Meski Celtics sudah unggul 2-0, mereka tidak ingin lengah melawan Dallas Mavericks.

“Tentu ini akan menjadi tantangan bagi tim medis dan Porzingis untuk bisa tampil besok malam. Tergantung tingkat rasa sakitnya dan seberapa besar fungsi yang bisa ia pertahankan meski cedera,” ujar Ponti.

“Jadi, apakah rasa sakitnya bisa ditoleransi dan dia bisa melompat dan berlari, dan itu tidak mengganggu performanya. Jika dia bisa melakukan hal-hal tersebut, kemungkinan dia bisa bermain,” sambungnya.

Dalam dua gim Final NBA 2024, Porzingis selalu memulai dari bangku cadangan. Posisinya sebagai center selama ini diambil alih oleh Al Horford. Untungnya rosters Celtics solid. Tanpa Porzingis, Celtics meraih rekor 30-5. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar