IBL

Kristaps Porzingis belum pernah bermain lagi di Dallas sejak Mavericks menukarnya hampir dua setengah tahun yang lalu. Sekarang masih belum pasti apakan Porzingis bisa bermain di Dallas, pada Gim 3 Final NBA bersama Boston Celtics. Pasalnya, Porzingis mengalami cedera tendon yang jarang terjadi di kaki kiri bagian bawah. Cedera tersebut didapat pada kuarter ketiga saat Boston menang 105-98 untuk memimpin seri 2-0.

Kristaps Porzingis mengatakan pada hari Selasa bahwa dia bertekad untuk bermain untuk Boston melawan Dallas pada pertandingan ketiga Final NBA meskipun ada kekhawatiran cedera baru yang membuat kebugarannya diragukan. Celtics mengumumkan bahwa pemain asal Latvia tersebut menderita cedera langka di kaki kirinya. Sehingga tim medis perlu melihat perkembangan lebih lanjut. 
Padahal pemain berusia 28 tahun itu telah membantu Celtics unggul 2-0 dalam seri best-of-seven, setelah kembali dari istirahat selama sebulan karena cedera. Dalam pemberitaan lain disebutkan bahwa Porzingis telah didiagnosis dengan "sobek retinakulum medial yang memungkinkan dislokasi tendon tibialis posterior di kaki kirinya" yang terjadi pada gim kedua hari Minggu. 

Meski demikian Porzingis terlihat berjalan normal saat latihan pada hari Selasa, Celtics mengatakan tidak akan mengambil risiko terkait kebugaran pemain tersebut. Dalam wawancara dengan awak media, Porzingis mengatakan bahwa dia bertekad untuk bermain pada hari Rabu kecuali dilarang oleh staf medis.

"Itu adalah sesuatu yang akan saya serahkan kepada staf medis untuk menentukan apakah saya bisa bermain atau tidak," katanya. "Tidak ada yang akan menghentikan saya, kecuali saya diberitahu untuk tidak bermain, atau tidak diizinkan bermain."

Sementara itu, kepala pelatih Celtics Joe Mazzulla menggambarkannya sebagai cedera serius, dan mengatakan bahwa tim tidak akan menempatkan Porzingis dalam situasi yang buruk. 

"Kami mengambil keputusan untuk tidak memainkannya, demi dia sendiri," kata pelatih Mazzulla. "Dia akan melakukan semua yang dia bisa untuk bermain. Kami akan menyerahkannya kepada tim medis kami. Itu benar."

Porzingis adalah pemain pilihan keempat secara keseluruhan dalam Draft NBA 2015 yang dipilih oleh New York Knicks. Dia pernah menjadi All-Star sebelum cedera ACL memaksanya untuk absen sepanjang musim 2018-2019. Mereka menukarnya ke Dallas pada Januari 2019, sebuah kesepakatan yang melibatkan tujuh pemain dan dua draft pick putaran pertama. Dallas menukar Porzingis ke Washington pada 10 Februari 2022, dan Wizards mengirimnya ke Boston dalam perdagangan tiga tim musim panas lalu. 

Saat Wizards bermain di Dallas pada Januari 2023, Porzingis tidak aktif setelah bermain di 12 dari 13 pertandingan sebelumnya. Dia juga tidak bermain untuk Celtics pada Januari lalu, ketika mereka mengunjungi American Airlines Center. (*)

Foto: The Boston Globe

Komentar