Shaquille O’Neal memberi nasihat kepada Jaylen Brown usai Boston Celtics memimpin 4-0 di Final NBA 2024. Ini tidak lepas dari munculnya perdebatan soal pemain terbaik Celtics. Da yang memilih Brown. Ada yang menilai Jayson Tatum.

“Jangan terpaku dengan judul yang tidak berguna. Lakukan saja apa yang harus kami lakukan. Tidak peduli mereka bilang siapa yang terbaik atau semacamnya. Saat ini belum waktunya melakukan semua itu. Lakukan tugasmu dan selesaikan,” usai pertandingan di TD Garden, Boston kemarin.

Sebelum Gim 2, pelatih Dallas Mavericks Jason Kidd mengungkapkan Brown yang menjadi pemain terbaik dan yang berkontribusi atas kesuksesan Celtics pada musim ini. Celtics memenangkan Gim 2 dengan skor 105-98. Brown menjadi top skor kedua Celtics dengan 21 poin, 4 rebound, 7 asis, dan 3 steal.

“Mereka mencoba memisahkan Anda dengan pemain lainnya dengan mengatakan siapa yang lebih baik. Jangan mengkhawatirkan soal hal tersebut. Tentang siapa yang terbaik. Tidak peduli siapa di. Kobe-lah, Shaq-lah. Tidak masalah. Saya mendapat nilai 40 dan kobe 39. Maksud saya, ayo menangkan kejuaraan ini,” kata pemilik empat cincin NBA itu.

Shaq memahami posisi Brown. Sebab, Shaq pernah ada posisi yang sama saat menjadi pemain Los Angeles Lakers pada 1996-2004. Ia bersanding dengan Kobe Bryant. Mereka membawa Lakers meraih hattrick pada tahun 2000 hingga 2002.

Selama delapan musim sebagai bintang Lakers dengan Kobe, debat tak berujung terjadi di antara media dan penggemar. Mereka memilih siapa yang terbaik antara Kobe atau Shaq dan yang paling berkontribusi atas kesuksesan Lakers.

Sementara itu, roster Celtics memang hampir tanpa celah pada musim ini. Tidak hanya Tatum dan Brown. Bahkan Jrue Holiday, Kristaps Porzingis, Derrick White, hingga pemain cadangan mereka memiliki kontribusi yang merata.

Saat Porzingis mencuri perhatian di Gim 1, Jrue menjadi pembeda di Gim 2. Jrue memimpin Celtics dengan dobel-dobel 26 poin dan 11 rebound plus 3 asis selama 40 menit. Gim 3 akan berlangsung pada besok lusa di Dallas. Tunggu saja siapa yang akan bersinar di gim tersebut. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar