Tidak perlu waktu lama bagi Darvin Ham untuk mendapat pekerjaan lagi. Dilansir melalui laman ESPN, Ham kembali ke Milwaukee Bucks sebagai asisten pelatih. Kali ini Ham bekerja di bawah pelatih kepala Bucks Doc Rivers.

Tawaran Ham sebelumnya tidak hanya dari Bucks. Ia sempat berbicara dengan Golden State Warriors sebagai asisten pelatih Steve Kerr. Dari laporan lainnya, Ham juga memiliki peluang reuni dengan Mike Budenholzer di Phoenix Suns.

Ham dipecat sebagai pelatih Los Angeles Lakers pada 4 Mei 2024. Ini tidak lepas dari hasil buruk Lakers musim ini. Meski menjadi juara In-Season Tournament 2024, raihan itu tidak membuat Lakers puas. Ham memiliki rekor 94-70 selama dua tahun menjadi pelatih Lakers.

Pada musim 2023-2024, Lakers kembali masuk ke play-in. LeBron James dkk mengakhiri musim reguler dengan rekor 47-35. Lakers menjadi unggulan ketujuh setelah mengalahkan New Orleans Pelicans di play-in.

Di babak playoff, Lakers kembali tak berdaya dari Denver Nuggets. Lakers kalah 4-1 di ronde pertama. Pada Final Wilayah Barat 2023, Lakers malah disapu bersih oleh Nuggets, yang pada akhirnya menjadi juara NBA.

Sementara itu, Bucks memiliki tempat tersendiri bagi Ham. Sebelum mengambil tawaran untuk pertama kalinya sebagai pelatih kepala, Ham menghabiskan empat musim sebagai asisten pelatih Bucks pada 2018-2022.

Ham bekerja di bawah pelatih kepala Mike Budenholzer. Mereka berhasil mengantar Bucks menjadi juara NBA 2021. Itu menjadi momen pertama kalinya Bucks mengangkat lagi trofi Larry O’Brien setelah setengah abad.

Saat menjadi pemain, Ham juga pernah memperkuat Bucks pada tahun 1999-2002. Tetapi cincin Ham diraih bersama Detroit Pistons pada tahun 2004.

Bucks memiliki harapan baru dengan memulangkan Ham ke Milwaukee. Giannis Antetokounmpo sedang mengalami hasil yang tidak memuaskan pada tahun ini. Mereka memiliki rekor 49-33 dan menjadi unggulan ketiga.

Pada pertengahan musim, Bucks mendepak Adrian Griffin. Posisinya digantikan oleh Rivers. Perjalanan Bucks di playoff terhambat badai cedera. Bucks tersingkir di ronde pertama dari Indiana Pacers dalam enam gim. Pacers melangkah jauh hingga disapu bersih Boston Celtics di Final Wilayah Timur. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar