IBL

Olimpiade 2024 Paris semakin dekat. Tak sampai dua bulan lagi, panggung olahraga terbesar dunia, termasuk bagi cabang olahraga basket, akan menyajikan persaingan terbaik untuk musim panas ini. Serbia sebagai runner-up dari Piala Dunia FIBA 2023 lalu pun tak mau melewatkan kesempatan untuk bersinar di turnamen ini. 

Hal ini terlihat dari keputusan Svetislav Pesic, kepala pelatih Serbia, dalam pemanggilan nama pemain. Dalam 16 nama yang ia panggil ke pemusatan latihan, seluruh nama pebasket terbaik Serbia masuk di sana. Tentu termasuk di dalamnya adalah pemain terbaik (MVP) NBA, Nikola Jokic. 

Munculnya nama Jokic bisa dibilang kejutan. Tahun lalu, di kisaran waktu yang sama, Jokic menarik diri dari tim nasional Serbia untuk Piala Dunia FIBA 2023. Jokic yang baru saja menjadi juara NBA musim lalu beralasan bahwa jadwal yang padat membuatnya harus mengambil waktu isitrahat. 

Musim ini pun serupa. Meski langkahnya terhenti di Semifinal Wilayah Barat atas Minnesota Timberwolves, Jokic sempat tak tertarik berbincang mengenai Olimpiade 2024 Paris. Kala itu, setelah resmi tersingkir, salah satu media bertanya mengenai kesiapannya untuk Olimpiade dan Jokic mengaku ia belum berpikir ke sana. 

tim nasional Serbia untuk Olimpiade 2024 Paris

Selain Jokic, duo Serbia di Charlotte Hornets, Vasilije Micic dan Aleksej Pokusevski juga masuk dalam daftar. Bintang muda MIami Heat yang musim ini berperan banyak, Nikola Jovic, juga ada. Pun dengan veteran yang menjadi kunci keberhasilan Serbia di Piala Dunia FIBA 2023, Bogdan Bogdanovic. 

Pemusatan latihan akan dimulai pada 24 Juni. Serbia baru akan melakoni laga uji coba pada 5 Juli melawan Belanda dan 7 Juli menghadapi Turki. Mereka lantas menyeberang ke Lyon untuk jumpa Prancis pada 12 Juli. Abu Dhabi jadi pemberhentian selanjutnya untuk menghadapi Australia pada 16 Juli dan Amerika Serikat sehari setelahnya.  Terakhir, mereka akan melwan Jepang pada 21 Juli di Belgrade sebelum memulai persaingan di Olimpiade 2024 Paris. (DRMK)

Foto: Getty Images

Komentar