IBL

Pelita Jaya berhasil mendapatkan kemenangan perdana di Basketball Champions League Asia 2024, Senin (10/6). Berhadapan dengan Shahrdary Gorgan di gim kedua, Pelita Jaya menang 97-90 untuk menjaga asa lolos ke semifinal. Pelita Jaya tampil cukup dominan setelah unggul sepanjang paruh kedua. 

Pada pertandingan lainnya, Hiroshima Dragonflies berhasil mengalahkan KCC Egis yang membuat Dragonflies otomatis lolos sedangkan Pelita Jaya dan Gorgan akan memperebutkan satu tempat lain mendampingi Dragonflies dari Grup B. Sebelumnya, Gorgan menang atas Egis di gim pertama. 

Tanpa JaQuori McLaughlin yang tak terlihat di lapangan, sebanyak 92 dari keseluruhan poin Pelita Jaya datang dari empat pemain saja. James Dickey III panas dengan dobel-dobel 40 poin, 18 rebound, 5 asis, dan 2 steal. Dickey bermain penuh 40 menit dan memasukkan 17/26 tembakan (65 persen). Ini adalah poin tertinggi pemain Pelita Jaya di semua ajang dalam satu gim musim ini. 

Justin Brownlee menyusul juga dengan dobel-dobel 32 poin, 14 rebound, 4 asis. Brownlee memasukkan 4/8 tripoin dan 12/21 secara keseluruhan. Muhamad Arighi dan Andakara Prastawa masing-masing menambahkan 10 poin. Arighi memasukkan 2/2 tripoin yang seluruhnya terjadi di paruh kedua. Arighi hanya meleset sekali secara keseluruhan hari ini (4/5). Brandon Jawato hanya bermain delapan menit karena mengalami benturan keras di area punggung dengan lawan. 

Gorgan, juara tiga musim terakhir Liga Basket Iran dan peringkat tiga West Asia Super League musim ini punya lima pemain dengan dua digit poin. Will Cherry memimpin tim dengan 24 poin. Mantan pemain NBA, Joseph "Joe" Young, menyusul dengan 21 poin. Keduanya menembak tidak lebih dari 43 persen. Senter, Salar Monji, dobel-dobel 10 poin dan 15 rebound. Mobin Sheikhi dan Amir Ali Gholizadeh mencetak masing-masing 11 dan 10 poin dari bangku cadangan. 

Gim melawan Egis akan digelar lusa, Rabu (12/6). (DRMK)

Foto: BCL Asia/FIBA

Komentar