IBL

Kepala pelatih Dallas Mavericks Jason Kidd mengatakan bahwa Jaylen Brown adalah pemain terbaik di Boston Celtics kepada NBC Sports Boston. Pernyataan tersebut langsung menuai reaksi, karena dianggap cara pelatih Kidd memecah-belah tim Celtics. Pemain veteran Celtics Al Horford mengatakan kalau Jason Kidd orang yang licik. 

Setelah hanya 48 menit bermain bola basket di Final NBA 2024, permainan mental telah dimulai. Ditanya pada hari Sabtu (8/6) waktu Amerika Serikat tentang tantangan menghadapi gim kedua, pelatih Kidd menyatakan Brown sebagai pemain terbaik Celtics.

"Jaylen adalah pemain terbaik mereka," kata Kidd. "Dia melakukan segalanya (di Gim 1) dan itulah yang seharusnya dilakukan oleh pemain terbaik. Dia bermain di kedua sisi, dia bermain bertahan dan menyerang dengan kecepatan tinggi. Dia adalah MVP Final Wilayah Timur yang sesungguhnya, dan sepertinya dia melanjutkan apa yang dia tinggalkan."

Reaksi dari Jayson Tatum dan Jaylen Brown tetap tenang menghadapi pernyataan Kidd. Tetapi dari pemain veteran Al Horford justru lebih keras. Al Horford, yang mengadakan wawancara dengan media di lapangan sekitar 30 menit setelah Dallas, menganggap komentar itu lucu. Dengan tawa cepat dan anggukan kepala, dia menunjukkan maksud yang jelas.

"Jason Kidd, kawan, saya mengerti apa yang dia lakukan," kata Horford kepada Noa Dalzell dari CLNS Media. "...Orang itu licik."

Tidak ada keraguan, bahwa Jason Kidd bahkan lebih terlatih di hadapan media daripada menghadapi pemain. Pelatih yang juga menghabiskan 19 tahun tersebut tahu persis apa yang boleh dan tidak boleh dikatakan selama sesi media. Ditambah lagi, dia tidak hanya mengatakannya sekali saja. Dia memastikan untuk mengulanginya. 

Ketika dia melakukannya, beberapa awak media di ruangan itu mendongak dari komputer mereka. Beberapa mengangkat alis. Yang lain menoleh ke orang di samping mereka, berbisik apakah mereka mendengar Kidd dengan benar. Karena para media "mencium" sebuah kebohongan dari pernyataan tersebut. 

Brown, yang telah berulang kali menolak ketika ditanya tentang pencapaian atau pengakuan individunya tahun ini, tidak punya waktu untuk membahas hal tersebut. Ingat, dia adalah orang yang sama yang menepis pertanyaan tentang penghinaannya terhadap All-NBA di tengah-tengah Final Wilayah Timur, dengan mengatakan bahwa dia "tidak punya waktu untuk menyerah."

"Saya tidak (mau) bereaksi," kata Brown. "Saya tidak tahu, ini permainan tim. Kami mencoba untuk fokus pada hal itu dan setiap orang memiliki pendapatnya masing-masing."

Celtics telah membahas pokok pembicaraan ini selama beberapa tahun. Dengan Brown direkrut pada tahun 2016 dan Tatum bergabung setahun kemudian, selalu ada narasi aneh yang didorong oleh media bahwa kedua sayap tidak dapat hidup berdampingan. Tujuh tahun dan 103 pertandingan playoff kemudian, mereka masih menang di level tertinggi dan bergantian menjadi pemain paling berpengaruh.

Brown bingung kenapa kedua bintang itu harus diadu. Setelah lima Final Wilayah Timur dan kini dua Final NBA bersamaan, kenapa wacana masih berpusat pada Tatum versus Brown. 

Jason Kidd, kemungkinan besar tahu itu. Sebagai salah satu distributor paling berbakat dalam sejarah liga, dia sudah punya pengalaman. Jadi, ini bisa menjadi taktik untuk membuat Celtics tercerai-berat. Namun sepertinya, apa yang dilempar oleh Jason Kidd, tidak "dimakan" Brown dan Tatum. (*)

Foto: Charles Krupa - AP Photo

Komentar