Markieff Morris mengeluarkan pernyataan kontroversial. Pemain Dallas Mavericks itu menyebut Milwaukee Bucks dan Giannis Antetokounmpo tidak akan menjadi juara NBA 2021 jika Kyrie Irving tidak mengalami cedera.

“Jika Giannis tidak menginjak kaki Irving, (Nets) mungkin akan menjadi juara. Bukan Milwaukee karena mereka akan disapu bersih. Semua pemain Bucks tahu hal tersebut,” kata Morris kepada New York Post.

Morris merupakan juara NBA 2020 saat masih menjadi bagian dari Los Angeles Lakers. Kini Morris memperkuat Dallas Mavericks, yang berlaga di Final NBA 2024, dan menjadi rekan satu tim Irving. Morris sendiri memang belum tampil di seri playoff tahun ini.

Sebelum berlabuh ke Mavericks, Irving berseragam Brooklyn Nets pada 2019-2023. Pada playoff 2021, Nets bertemu Bucks di semifinal Wilayah Timur. Nets sudah unggul 2-0. Tapi keadaan berbalik di Gim 3.

Pada pertandingan tersebut, Irving mengalami cedera pergelangan kaki karena berupaya merebut bola dengan Giannis. Cedera itu membuat Irving melewatkan sisa musim. Tanpa Irving, Nets kesulitan dengan hanya mengandalkan Kevin Durant dan James Harden. Pada playoff 2021, Irving memiliki catatan 27 poin per gim.

Sementara Bucks pada saat itu diperkuat oleh Jrue Holiday dan Khris Middleton yang masih fit. Pada Gim 3, Bucks berbalik unggul 86-83. Mereka menyamakan kedudukan 3-3. Pertarungan berlanjut ke Gim 7. Bucks menang dramatis melalui babak perpanjangan waktu (overtime).

Bucks melaju ke Final Wilayah Timur dengan keunggulan 4-3. Bucks menjadi juara NBA 2021 usai membekuk Phoenix Suns 4-2. Itu menjadi cincin pertama Bucks setelah 50 tahun. Sebelumnya mereka menjadi juara pada tahun 1971.

Cedera menjadi momok bagi pemain. Giannis mengalami hal yang sama. Langkah Bucks untuk mengulang kesuksesan itu terhambat. Mereka terhenti di semifinal 2022 oleh Celtics. Lalu tumbang di ronde pertama dalam dua musim terakhir. Giannis mengalami cedera betis saat Bucks tersingkir oleh Indiana Pacers 4-2 di ronde pertama playoff 2024. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar