IBL

Dirk Nowitzki pernah membawa Dallas Mavericks dalam era kejayaan dengan menjadi juara NBA 2011. Satu-satunya gelar bagi Mavericks sejak didirikan pada 1980. Nowitzki percaya Luka Doncic akan mengantar Mavericks dalam era terbaik dalam sejarah waralaba.

Nowitzki menjelaskan alasannya tersebut dalam The Big Podcast milik Shaquille O’Neal. Menurut pemain asal Jerman itu, Doncic memiliki kemampuan spesial yang sangat merepotkan lawan. Hal itu yang menjadi modal Mavericks menjadi pesaing besar di liga.

“Sejujurnya saya memang berpikir demikian. Saya melihatnya sangat dekat. Dia sangat besar sekitar 6’8” atau 6’9” dari segi postur. Dia bisa menyingkirkan garda yang lebih kecil darinya. Sekalinya Luka menjatuhkanmu, semuanya berakhir,” kata MVP 2007 itu.

Dengan kemampuannya, Nowitzki yakin Doncic akan mendominasi liga dalam beberapa tahun mendatang. Lebih dari saat Nowitzki dan Shaq lakukan ada era 2000-an. Kedua pemain itu bersaing sengit pada dua dekade silam.

“Saya pikir Luka akan menyesuaikan diri dengan cara apapun. Gerakannya memang bisa dilakukan oleh siapapun. Maksud saya, kemampuannya itu yang bisa mematikan. Luka bisa melakukan banyak kemampuan yang sulit dihentikan. Jadi menurut saya, dia juga bisa bersaing di era saya dan Shaq,” lanjut Nowitzki.

Doncic masuk sebagai finalis MVP pada musim ini. Tetapi ia masih kalah suara dari Nikola Jokic dan Shai Gilgeous-Alexander. Selain itu, Doncic menjadi pemain termuda setelah Kevin Durant yang menjadi top skor liga. Pada musim2 023-2024, Doncic mencetak 33,9 poin dalam 70 gim.

Nowitzki sendiri masih bermain di NBA saat Doncic menjadi ruki pada tahun 2018. Doncic menjadi pilihan ketiga oleh Atlanta Hawks. Kemudian ditukar ke Mavericks. Nowitzki sempat bermain semusim sebelum gantung sepatu pada 2019.

“Tahun terakhir saya itu adalah musim pertama Luka. Dia pemain dengan bakat luar biasa. Saya tidak menyangka dia akan sebagus ini. Sepertinya dia memang semakin baik dari tahun ke tahun,” imbuh Nowitzki.

Mavericks telah mencapai tiga Final NBA sejak 1980. Pertama kali dicapai pada tahun 2006 saat musim kedelapan Nowitzki di Dallas. Pada Final NBA 2006 itu, Mavericks kalah 4-2 dari Heat. Akhirnya Nowitzki dan Mavericks meraih cincin pertamanya lima tahun kemudian. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar