IBL

Sepertinya Los Angeles Lakers akan kembali menggunakan kekuatan finansial mereka untuk membentuk tim baru. Dimulai dari rumor tawaran besar kepada pelatih UConn, Dan Hurley, yang kabarnya mencapai 100 juta dolar Amerika. Nama Hurley mencuat setelah dia dilaporkan bertemu dengan manajemen Lakers untuk membicarakan peluang menjadi kepala pelatih pada hari Jumat (7/6) waktu Amerika Serikat. 

Selama sebulan terakhir, analis ESPN JJ Redick dianggap sebagai favorit untuk mengambil alih jabatan pelatih kepala Lakers berikutnya. Tetapi semuanya berubah setelah dilaporkan bahwa Hurley adalah kandidat pilihan manajemen. Hurley dianggap sebagai pelatih bola basket putra perguruan tinggi terbaik setelah memimpin Huskies meraih gelar NCAA berturut-turut, dan dia punya keinginan untuk menjadi pelatih NBA.

Di bawah kendali Jeanie Buss, Lakers telah lama memiliki reputasi sebagai penny-pinchers dan memang pantas mendapatkan julukan seperti itu. Tetapi dengan tidak adanya batasan gaji pada kontrak pelatihan, Lakers akhirnya akan kembali menunjukkan kekuatan finansial mereka.

Dalam penampilannya di "The Zach Gelb Show" di Infinity Sports Network, John Fanta dari Fox Sports mengungkapkan bahwa Lakers dilaporkan menawarkan Hurley kontrak senilai 100 juta dolar Amerika. Jika Hurley menerima usulan kesepakatan tersebut, dia akan langsung menjadi salah satu pelatih dengan bayaran tertinggi di liga meski belum pernah melatih di level profesional sebelumnya.

Steve Kerr saat ini berada di puncak daftar tersebut dengan menghasilkan 17,5 juta dolar Amerika per tahun setelah perpanjangan dua tahun senilai 35 juta dolar Amerika pada bulan Februari 2024. Sementara, Gregg Popovich menandatangani kontrak lima tahun senilai lebih dari 80 juta dolar Amerika per tahun pada musim panas 2023. Erik Spoelstra kemungkinan akan menjadi contoh terdekat dari jenis kontrak yang dilaporkan akan ditawarkan Lakers saat ia menandatangani kontrak delapan tahun senilai 120 juta dolar Amerika.

Hurley akan mewakili perubahan besar dalam filosofi perekrutan pelatih Lakers. Karena mereka biasanya ingin mempekerjakan orang-orang yang memiliki hubungan dengan klub tersebut. Namun, Hurley mungkin menawarkan keunggulan terbaik dari kandidat mana pun, mengingat jumlah pelatih yang tersedia untuk NBA saat ini sudah mulai menipis.

Tawaran 100 juta dolar Amerika untuk Hurley, tampak seperti angka yang sangat besar di atas kertas. Tapi itu adalah jumlah uang yang harus dikeluarkan Lakers jika mereka ingin memikat pelatih UConn agar menjauh dari program bola basket perguruan tinggi yang selama ini dibuatnya. Dengan Lakers menawarkan kontrak besar untuk Dan Hurley, UConn perlu meningkatkan tawaran jika mereka ingin mempertahankannya. Meskipun UConn dilaporkan mendapat tawaran kuat untuk Hurley, tampaknya itu tidak mendekati apa yang ditawarkan Lakers.

Secara keseluruhan, keputusan diperkirakan akan diambil dalam beberapa hari ke depan mengingat Huskies mungkin menginginkan kejelasan tentang siapa yang akan bertanggung jawab atas program mereka untuk musim depan. Sementara itu, tanpa mengetahui komitmen tahunannya, jika kesepakatan senilai enam tahun senilai 100 juta dolar Amerika, maka Dan Hurley akan menghasilkan sekitar 16 juta dolar Amerika per tahun. Itu akan membuatnya sejajar dengan Gregg Popovich dan berada di bawah Steve Kerr. (*)

Foto: Los Angeles Times

Komentar