Kristaps Porzingis kembali ke lapangan dengan mengagumkan. Setelah absen selama enam pekan, Porzingis membawa Boston Celtics memenangkan Gim 1 Final NBA 2024 dari Dallas Mavericks.

Celtics menang dengan nyaman 107-89 di TD Garden, Boston. Mereka memimpin sejak kuarter pertama. Tim asuhan Joe Mazzulla itu tidak terkejar dan memberi Mavericks defisit hingga 29 poin.

Porzingis juga bermain luar biasa. Pada kuarter pertama, Porzingis sudah menyumbang 11 poin. Ia hanya melewatkan satu dari lima tembakan. Celtics memimpin 37-20 di kuarter pertama.

Pemain asal Latvia itu memulai gim dari bangku cadangan. Ia melantai selama 20 menit dengan mencetak 20 poin, 6 rebound, dan 3 blok. Porzingis mencetak 8/13 tembakan dengan akurasi mencapai 61 persen. Ia menjadi pencetak poin terbanyak kedua untuk Celtics, yang dipimpin oleh Jaylen Brown dengan 22 poin.

“Tentu saja yang membantu saya adalah kembali bermain dan bertanding. Mendapatkan dukungan seperti itu rasanya sangat luar biasa. Adrenalin saya meluap-lupa dan itu sangat membantu performa saya,” kata mantan pemain Dallas Mavericks.

Porzingis memang sangat bersemangat untuk bermain. Ia telah melewatkan dua seri karena cedera betis. Sebelumnya Porzingis terakhir bermain pada Gim 4 ronde pertama melawan Miami Heat. Celtics menang 4-1. Porzingis melewatkan seri berikutnya saat menumbangkan Cleveland Cavaliers 4-1 dan menyapu bersih Indiana Pacers.

“Absen dalam waktu lama memang tidak ideal. Saya melakukan semua yang saya bisa dengan mempersiapkan mental untuk kembali lagi. Itu membuahkan hasil. Kami menyelesaikan pertandingan malam ini dan memainkan gim dengan bagus. Kami senang dengan hasilnya,” imbuhnya.

Kehadiran Porzingis membuat Celtics semakin mengerikan musim ini. Ia diakuisisi dari Washington Wizards pada Juni 2023 dengan imbalan Marcus Smart melalui Memphis Grizzlies. Porzingis juga tercatat pernah menjadi rekan Luka Doncic di Mavericks pada 2019-2022. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar