Kembalinya Dallas Mavericks ke Final NBA pertamanya sejak 2011 tidak berjalan baik. Mereka kalah telak, 89-107, atas Boston Celtics di TD Garden. Setelah pertandingan, PJ Washington minta para pemain tetap fokus, dan tidak tercerai-berai. 

Faktanya, 89 poin ini adalah total skor terendah bagi Mavericks selama babak playoff. Sementara sembilan asis mereka di laga tersebut adalah yang paling sedikit dalam pertandingan mana pun musim ini. Mavericks harus berjuang melawan pertahanan Celtics yang kuat.

"Kami harus tetap terhubung, tetap bersama, dan tetap fokus. Kami adalah tim yang hebat. Mereka adalah tim yang hebat pada akhirnya. Kami baik-baik saja. Ini hanya satu pertandingan. Kami akan menjadi lebih baik untuk Gim 2," tegas PJ Washington. 

"Saya pikir ini adalah pertarungan dua tim terbaik di NBA, dan mereka bagus karena suatu alasan. Mereka memainkan gaya bola basket mereka dengan kecepatan tinggi. Gugup atau tidak berada di final pertama kami, itu tidak bisa digunakan sebagai alasan. Itu adalah bola basket."

Apa yang dikatakan Washington disetujui oleh kepala pelatih Mavs, Jason Kidd. Dia mengatakan bahwa pertahanan Celtics yang bagus memang menyulitkan. Di ruang ganti, Kidd menyerukan agar pemain tidak boleh menyerah. Mereka harus berjuang lebih keras, karena kesempatan ini hanya datang sekali dalam satu musim. 

"Saya berikan kredit untuk Celtics. Mereka melakukan tugasnya dengan baik dalam bertahan, sehingga menyulitkan kami," jelas Jason Kidd, usai pertandingan.

Sementara itu, Kyrie Irving juga melihat Mavs kali ini sangat lemah. Dia sendiri hanya mencetak 31,6 persen tembakan, yang jadi persentase terendah dalam 14 pertandingan Final dalam kariernya. 

"Bola harus lebih banyak bergerak. Ini adalah seri yang menyenangkan. Menyenangkan saat memasuki pertandingan. Akan tetap menyenangkan. Namun akan ada satu sisi di mana pertandingan akan seperti permainan catur. Kami harus punya strategi yang baik," kata Irving. 

Seperti kata PJ Washington, ini baru pertandingan pertama. Mereka masih memiliki banyak pertandingan yang bisa dimenangkan. Namun jika di Gim 2 mereka kalah lagi, tentu tekanan akan berpindah ke Mavericks. Jadi tak ada pilihan lain bagi Mavericks selain bangkit di Gim 2, akhir pekan ini. (*)

Foto: MassLive.com

Komentar