Boston Celtics sudah mengapus nama Kristaps Porzingis dalam laporan cedera tim untuk Gim 1 Final NBA 2024. Ini artinya, Porzingis akan ada dalam roster Celtics menghadapi Dallas Mavericks di TD Garden, Kamis (6/5) waktu Amerika Serikat. Porzingis kembali bermain setelah absen dalam 10 pertandingan terakhir Celtics sebelum masuk Final NBA 2024. 

Dalam media day Final NBA 2024 sehari sebelumnya, Porzingis tidak bisa memastikan apakah dia akan turun sebagai pemain inti atau cadangan. Karena dia tidak bermain sejak 29 April, dan langsung dihadapkan pada panggung terbesar liga. 

"Bagi saya, ini adalah jalan yang panjang untuk mencapai titik ini. Tapi merasa baik-baik saja," ujarnya pada media day. "Semangat saya membara untuk pertandingan. Saya melakukan yang terbaik untuk mempersiapkan momen ini.  Tetapi saya tidak memiliki pengalaman di fase ini. Apalagi dengan kondisi sekarang, jadi akan sulit untuk melaju ke Final."

Porzingis belum pernah bermain sejak cedera betis kirinya pada tanggal 29 April di Gim 4 seri putaran pertama Celtics melawan Miami Heat. Perjalanan cepat tim pascamusim, ditandai dengan kemenangan 4-1 di dua putaran pertama atas Heat. Mereka juga menang 4-1 dari Cleveland Cavaliers, dan menyapu bersih Indiana Pacers (4-0) di Final Wilayah Timur. 

Meskipun enggan membuat prediksi mengenai ketersediaan Porzingis, kepala pelatih Joe Mazzulla menyatakan sedikit kekhawatiran tentang bagaimana dia akan menangani intensitas dan fisik penampilan Final NBA setelah menghabiskan lebih dari sebulan untuk rehabilitasi. Celtics bisa unggul 9-1 di playoff tanpa kehadiran Porzingis, namun Mazzulla yakin timnya lebih baik dengan pemain asal Latvia tersebut bertugas di lini tengah.

"KP adalah pemain hebat. Hanya karena dia absen selama sebulan bukan berarti dia harus belajar bermain bola basket lagi. Saya berharap dia melanjutkan kembali apa yang dia tinggalkan. Jelas akan ada sedikit kekhawatiran," ucap Mazzulla. 

Porzingis rata-rata mencetak 20,1 poin, 7,2 rebound, dan 1,9 blok dalam 57 pertandingan musim reguler. Mantan All-Star itu melewatkan 25 pertandingan musim reguler pada 2023-2024, dan Celtics mencatat rekor 21-4 tanpa Porzingis. (*)

Foto: New York Post

Komentar