IBL

Ada pemandangan unik ketika Boston Celtics menjalani latihan jelang Gim 1 Final NBA 2024, Rabu (5/6) waktu Amerika Serikat. Kepala pelatih Joe Mazzulla tampak berbincang hangat dengan sosok yang tak asing di dunia olahraga. Dia adalah Pep Guardiola, pelatih Manchester City yang sedang menghabiskan waktu di Amerika Serikat setelah memimpin timnya meraih gelar juara Liga Premier keempat kalinya berturut-turut. Pep tampak memberi instruksi kepada Mazzulla yang akan memimpin di Final NBA pertamanya. 

Joe Mazzulla memiliki peran yang lebih aktif sekarang dibandingkan saat terakhir kali Celtics berada di Final NBA, dua tahun lalu. Mazzulla, yang saat itu menjabat sebagai asisten pelatih, mengatakan kepada wartawan pada hari Selasa bahwa dia tidak dapat mengingat seperti apa pola pikirnya menjelang seri melawan Warriors, dan bahwa perannya dalam persiapan Celtics untuk pertandingan tersebut tidaklah besar.

Meski begitu, Mazzulla tetap ada di sana dan dapat mengamati seperti apa tampilan dan nuansa serial tersebut. Pelatih Celtics ini mendapatkan satu pelajaran yang selalu dia ingat. 

"Hal yang paling saya ingat adalah memenangkan pertandingan di musim reguler tidak ada bedanya dengan memenangkan pertandingan playoff," kata Mazzulla. "Dan, hanya karena ini adalah Final bukan berarti Anda harus fokus pada hal lain selain melaksanakan detail yang penting."

Celtics gagal, kalah di Final dalam enam pertandingan. Sepanjang musim ini, Mazzulla menekankan pentingnya memenangkan margin, menemukan tembakan berkualitas, dan mengalahkan lawan. Pendekatannya tidak berubah menjelang seri melawan Mavericks ini.

"Ada banyak penyesuaian kutipan-tanda kutip (di Final 2022) dan sebagainya, dan pada akhirnya kami tidak melakukan rebound, dan kami kehilangan beberapa poin untuk menjaga marginnya," kata Mazzulla. "Jadi saya bisa melihatnya dari belakang bangku cadangan dan mengatakan semua orang mencoba menjadikan ini sebagai hal dan situasi yang emosional, tapi itu benar-benar tergantung pada detailnya."

Foto: Daily Mail

Di saat Joe Mazzulla butuh suntikan semangat, dia didatangi oleh Pep Guardiola, yang sengaja terbang ke Amerika Serikat. Guardiola terlihat mengobrol dengan Mazzulla di lapangan TD Garden. Mereka terlihat akrab, namun sepertinya membicarakan hal yang serius. Mazzulla, seorang penggemar berat sepak bola, mengatakan kepada The Athletic bahwa Guardiola adalah pelatih terbaik di level mana pun dalam olahraga. 

"Bagi saya, itulah arti permainan bola basket, dan arti serangan balik dalam sepak bola," katanya tentang bagaimana ia ingin menerapkan filosofi yang sama dalam timnya seperti yang diterapkan Guardiola kepada Man City. "Jadi saya banyak belajar tentang Man City. Saya banyak mempelajari Pep. Saya pikir dia adalah pelatih terbaik di level mana pun, dalam olahraga apa pun. Itu mempunyai pengaruh yang sangat besar."

Pep Guardiola memimpin Manchester City meraih gelar Liga Premier keempat berturut-turut bulan lalu dengan mengalahkan Arsenal. Sang manajer sedang menikmati liburannya di Amerika Serikat setelah pencapaian bersejarah di sepak bola Inggris. City memenangkan gelar lagi setelah kekalahan Liverpool dan upaya akhir yang gagal dari Arsenal dalam perburuan gelar kedua The Gunners dalam dua tahun di bawah Mikel Arteta. Dalam dua musim terakhir, The Citizens berhasil menyamai atau melampaui beberapa prestasi rival sekotanya, Manchester United. Mereka adalah satu-satunya tim Inggris yang meraih treble dan tiga kali lipat gelar juara. (*)

Foto: Manchester City FC

Komentar