Musim yang kembali buruk tak membuat Philadelphia 76ers kehilangan kepercayaan mereka pada barisan bintangnya. Dilansir The Philadelphia Inquirer, Sixers siap memberikan perpanjangan kontrak jangka panjang untuk Tyrese Maxey dan Joel Embiid. 

Embiid yang kembali berkutat dengan cedera musim ini masih dalam performa terbaiknya setiap berlaga. Pemain terbaik NBA 2023 ini memiliki rataan  34,7 poin, 11,0 rebound, dan 5,6 asis per gim dengan akurasi 38,8 persen dari tripoin dan 52,9 persen secara keseluruhan. Sayangnya, cedera membuat Embiid hanya tersedia 39 gim di musim reguler. 

Maxey yang tampil luar biasa musim ini. Finis sebagai peraih Most Improved Player of the Year, Maxey yang tampil 70 gim mencetak 25,9 poin, 3,7 rebound, 6,2 asis, dan 1,0 steal per gim. Pemain 23 tahun ini memiliki akurasi tripoin 37,3 persen dan akurasi keseluruhan di angka 45 persen. Maxey adalah salah satu kunci Sixers masih bisa finis di peringkat tujuh klasemen akhi meski Embiid tampil dalam jumlah yang sangat terbatas. 

Meski sama-sama akan diperpanjang, keduanya tampaknya akan mendapatkan durasi dan nominal yang berbeda. Embiid berhak mendapatkan perpanjangan kontrak per 18 Juli nanti dengan durasi tiga musim senilai AS$193,5 juta. Embiid akan mendapatkan opsi pemain pada 2026-2027 denagn nilai AS$59 juta. 

Maxey yang baru akan menyelesaikan kontrak skala rukinya akan mendapaykan kontrak berbeda. Sixers semestinya menawarkan perpanjangan kontrak dengan nilai AS$205 juta selama lima tahun. Gelar MIP musim ini adalah gelar individu pertama Maxey sepanjang kariernya. 

Dengan kemungkinan perpanjangan kontrak ini, maka bisa dipastikan arah pembangunan skuad Sixers dalam setidaknya dua musim ke depan. Fokus mereka akan membangun dengan dua poros ini. Menariknya, Sixers hanya punya dua nama selain Embiid yang masih memiliki kontrak untuk setidaknya dua tahun ke depan. Mereka adalah Paul Reed dan Ricky Council IV. 

(Baca juga: Sudah Waktunya Sixers Move on dari Joel Embiid)

Dari sini, Sixers bisa menggunakan ruang gaji mereka yang sangat luas untuk merekrut bintang ketiga mereka dan mencari pemain pendukung yang baik. Sejauh ini, Sixers selalu berhasil lolos ke Playoff sejak 2017-2018. Sayangnya, tak sekalipun mereka mampu lolos ke Final Wilayah Timur. (DRMK)

Foto: Getty Images

Komentar