IBL

Kyrie Irving menjalani musim ke-13 di NBA. Ia berganti tim empat kali. Dari empat tim itu, Irving merasa Dallas Mavericks menjadi tempat terbaiknya. Bersama Mavericks pula, Irving mencapai Final NBA keempatnya.

“Di sini memiliki lingkungan yang mendukung. Ada banyak hal positif. Saya bisa berkembang dan itu hal yang bagus. Ada banyak kebaikan, orang yang baik, dan menyenangkan,” kata Irving dilansir melalui Yahoo Sports.

Irving ditukar dari Brooklyn Nets pada Februari 2023 dengan imbalan Dorian Finney-Smith, Spencer Dinwiddie, dan beberapa hak pilih. Kepergian Irving dari Nets terjadi setelah kontroversi cuitan yang dianggap anti semit. Irving memperkuat Nets selama 3,5 tahun.

“Bukan berarti saya tidak merasakannya di Brooklyn. Saya membahas soal struktur organisasi dan cara mereka memperlakukan pemain-pemain veterannya. Ini tentang bagaimana Anda memperlakukan pemain bintang dan menghormati orang lain,” kata pemain berusia 32 tahun.

Keputusan Mavericks mengakuisisi Irving tidak lepas dari peran pelatih Jason Kidd. Ia menginginkan seorang pemain bintang untuk mendampingi Luka Doncic. Dan itu menjadi keputusan yang tepat.

Mavericks memang memperlakukan Irving lebih baik. Salah satu contohnya saat bulan puasa lalu. Mereka memberikan Irving juru masak khusus untuk memastikan ia mendapat asupan nutrisi yang tepat. Sebab, Irving tetap berpuasa di tengah musim reguler yang intens.

Irving mencatat rata-rata 25,6 poin, 5,0 rebound, dan 5,2 asis per gim dalam musim reguler 2023-2024. Ia membawa Mavericks meraih rekor 50-62. Mavericks menjadi tim kelima di NBA yang berstatus unggulan kelima yang mencapai Final NBA.

“Kami terdepak dari playoff April tahun lalu. Saya harus menghadapinya sepanjang musim panas. Dan jarang sekali bisa kembali ke (Final NBA) setelah tujuh tahun,” imbuh Irving.

Final NBA 2024 menjadi yang keempat bagi Irving. Sebelumnya ia menjadi juara NBA 2016 bersama Cleveland Cavaliers dan mencapai final lain pada tahun 2015 dan 2017. Irving menjadi pilihan pertama NBA Draft 2011 dan memperkuat Cavaliers hingga 2017. Kemudian ia pindah ke Boston Celtics pada 2017-2019. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar